Program RT Bersih Dalam New Normal, Ini Pesan Bupati Yansen TP

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Program RT Bersih (Rapi, Tertib Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis) menjadi kekuatan pembangunan masyarakat di tingkat RT. Dan menjadi sangat penting dalam program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) karena programnya menyentuh langsung masyarakat Malinau.

Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Malinau kepada pewarta, Jum’at (29/5/2020) menjelaskan, saya bersyukur kita menjalankan kebijakan program RT bersih dimana kita menempatkan RT sebagai orientasi fokus dan kekuatan pembangunan, artinya bahwa tanggung jawab mengelola pembangunan itu bukan semata-mata tugas Pemerintah Kabupaten Malinau sampai ke Desa tetapi sampai ke RT, kekauatan masyarakat terlibat disitu, karena masyarakat lebih paham, ini kita sudah jalankan.

“Saya syukuri ini bisa dibuktikan dimana pengendalian Covid-19 ini berada di masyarakat RT, dengan sederhana saya bisa katakan Pemimpin ini tugasnya mengawasi, memantau tetapi pekerja itu ada ditangan rakyat. Nah ini saya kira sudah terbukti contohnya saya merasakan bahwa RT sangat luar biasa telah membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19”.

Dengan adanya kebijakan new normal ini saya kira tinggal mengubah format saja, format kemaren memerangi sekarang dibuka keleluasaannya tapi dengan standar kehidupan, yang kemaren kepasar dengan leluasa sekarang dengan aturan harus mengguanakan masker dan jaraknya juga paling kurang harus 1 meter dan kumpulannya juga tidak boleh lebih dari 20 orang. Dan mungkin dipasar itu nanti kita perkelompokan jadi penyebarannya meluas jangan sampai orang berkerumun itu semakin tinggi.

Jadi kerja RT sudah sangat intensif bisa membuktikan dan dengan demikian Malinau siap melaksanakan new normal, timpalnya.

“Saya kira sebernarnya kalau kita memperhatikan PSBB kita sesungguhnya sudah menjalankannya. Berada dirumah saja kita lakukan PSBB, jadi dibudayakan itu. Kendali itu sudah ditangan rakyat, jadi saya pikir punya keyakinan”.

Satu catatan penting yang saya perlu sampaikan mengingat rakyat ini juga merupakan satu bagian yang khusus nanti saya sosialisasi dengan masyarakat menyangkut RT Bersih, Rasda dan wajib belajar.

Selain itu, RT Bersih bukan sekedar program sekarang tapi menjadi sebuah keuntungan, kita sadari bahwa format hidup manusia itu jelas adanya, tapi kadang-kadang kita tidak sadar, terkadang kita makan tanpa cuci tangan, tapi sekarang kita harus budayakan konsep hidup betul-betul Rapi, Tertib, Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis (RT Bersih) itu.

Jangan sampai kita berfikir bahwa inikan sudah tidak ada covid lagi, saya harapkan responsif masayarakat terhadap Covid ini adalah bagaimana RT Bersih dijalankan, toh tidak ada ruginya, tidak ada kurangnya justru menjadi kelebihannya yakni Sehat, kemudian lingkungannya tetap sehat, jadi ini saya harapkan tolong disampaikan kepada masyarakat, ini saatnya kita melaksanakan apa yang namanya RT Bersih itu, Hidup yang Rapi, Hidup yang Tertib, Hidup yang Bersih, hidup yang Sehat, hidup yang Indah, hidup yang Harmonis ini saatnya, kalau kita jalankan ini saya yakin bisa.

“Sekali lagi, mari kita budayakan kehidupan yang Rapi, Tertib, Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis (RT Bersih) itu”, ujar Yansen TP.(ezi).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top