Buka Pasar Inai, Bupati Malinau Terapkan Pola Hidup Sehat  Dengan Praktek RT Bersih

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah mencanangkan pola hidup baru atau tatanan hidup baru The New Normal, di Kabupaten Malinau dinamakan Pola Hidup Sehat Aman Produktif Membangunan Malinau.

Atas dasar itu, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si membuka kembali pasar Inai Kuala Lapang dengan penerapan Pola Hidup Sehat, Selasa (9/6/2020).

Pembukaan kembali Pasar Inai dihadiri Anggota DPRD Malinau, FKPD Malinau, Pejabat Eselon 2, OPD.

 OLAY MAGNEMASKS INFUSION WHITENING SHEET MASK -BP_88712

Yansen TP yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penenangan Covid-19 Kabupaten Malinau menjelaskan, sudah pada tempatnya kita mengambil langkah untuk bagaimana kita kembali menggiatkan pembangunan Malinau. Artinya apapun yang kita lakukan hari ini bukan menghadapi Corona tapi kita aman dari Corona untuk membangun Malinau.

“Jadi lebih kepada pembentukan pola hidup masyarakat yang sehat yang aman dan mampu menghasilkan dalam bekerja”.

Yansen TP mengatakan, dalam dimensi pembangunan Malinau kita menempatkan RT Bersih sebagai tatanan nilai yang harus dihidupkan untuk menciptakan sehat aman tertib itu, kita menerapkan prinsip-prinsip yang namanya RT Bersih.

Sebagaimana diketahui Program RT Bersih itu bukan sekedar nomenklatur untuk menunjukan sebuah program untuk dilaksanakan tapi lebih merupakan menanamkan nilai-nilai apa yang namanya nilai Rapi Tertib Bersih Sehat Indah Dan Harmonis (RT Bersih) dalam kehidupan setiap pribadi kita.

Sehingga, apa yang kita lakukan hari ini dalam kerangka menanam nilai-nilai sehat bermasyarakat dengan praktek RT Bersih, menanamkan nilai-nilai Aman baik kepada masyarakat dengan praktek RT Bersih. Kalau ini dijalankan saya kira bukan Corona saja yang termarginalkan oleh sikap kita, tapi untuk banyak hal.

Lanjut kata Dia, indikatornya bukan sekedar dipasar, bukan sekedar dikantor atau di tempat-tempat pertemuan umum tapi dirumah-rumah tangga indikator kita temui.

“Dengan kehidupan yang sehat, yang aman dan menggambarkan produktifitas dirumah tangga, nah itu akan mencerminkan Malinau yang bergairah giat membangun”.

Jadi kita tidak mengarahkan pikiran masyarakat membangun dalam artian sebuah momen, tetapi bagaimana kapasitas mereka menjadi kekuatan dalam mengungkit setiap peluang di setiap dimensi kehidupan masyarakat, ini yang paling penting, punkasnya.

“Sehingga kita tidak melakukan sesuatu hanya dengan tenang temporer treatment menghadapi Corona, tapi kita mengarah kepada bagaimana kita membangun kapasitas masyarakat bisa terhindar dari segala macam jenis penyakit termasuk Corona”.

Corona bagian yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi, sudah menjadi sesuatu yang bersifat pandemik, ia akan menjadi terus pandemik kalau kita tidak punya prilaku sehat prilaku hidup yang aman prilaku hidup yang tidak positif, ujar Yansen TP.

Berkaitan dengan itu saya harapkan masayarakat tanpa terkecuali siapun itu baik masyarakat pada umumnya maupun pihak pemerintah, pelaku kepentingan didaerah kemudian pelaku-pelaku ekonomi semua harus masuk dalam kerangka menjalankan prinsip-prinsip hidup yang Rapi Tertib Bersih Sehat Indah Dan Harmonis (RT Bersih), karena dengan demikian semua kembali lagi menciptakan suasana dimensi Sehat Aman Dan Produktif.

Kita punya kapasitas budaya bangsa dalam keberagaman tetapi hidup dalam kebersamaan, sehingga dengan demikian harapan saya tidak terkecuali siapapun harus punya loyalitas untuk melaksanakan membangun sebuah kehidupan baru, kenapa kita tidak melestarikan ini sebagai konsep hidup kedepan, tuturnya.(ezi).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top