Gugus Tugas Nunukan Imbau Pelaku Perjalanan Luar Kota Mengisi Data Diri di HAC

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Nunukan Kalimantan Utara meminta masyarakat Nunukan mendaftarkan diri dalam Heart Alert Card (HAC) ketika akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang maupun kapal laut.

Juru bicara gugus tugas Nunukan Aris Suyono mengatakan, anjuran tersebut tertuang dalam Surat Edaran/SE nomor SR.03.04./II/5825/2020 tentang penggunaan Elektronik HAC atau kartu kewaspadaan kesehatan elektronik bagi penumpang pesawat udara, kapal laut dan kendataan darat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Dijelaskan HAC menjadi early warning system terkait kemungkinan munculnya gejala keluhan yang mengarah ke Covid-19 sejak 14 hari selama kedatangan penumpang, sehingga bisa memudahkan tim gugus dalam memantau kasus Covid-19.

‘’Aplikasi HAC dapat didownload di play store, dan bagi yang tidak punya gadget android atau IOS bisa dilakukan manual oleh KKP di masing-masing wilayah,’’ujarnya, jumat (12/06/2020).

Aris menjelaskan, HAC memiliki sejumlah fungsi yang sangat menunjang kinerja gugus tugas, fungsi pertama sebagai kewaspadaan bagi calon penumpang yang akan ke wilayah tertentu. Apakah calon penumpang tersebut punya riwayat tinggal di wilayah pandemik, hal tersebut harus tertulis dalam HAC tersebut.

Kedua sebagai kewaspadaan bagi tenaga kesehatan, karena penumpang yang membawa HAC bisa dipastikan merupakan orang yang baru saja terbang dari wilayah zona merah atau yang memang terbang tidak dengan tujuan mudik untuk masa larangan mudik.

Kemudian fungsi ketiga, yaitu sebagai alat survei Dinas Kesehatan, keempat, sebagai media penyuluhan bagi calon penumpang, fungsi kelima, HAC bisa digunakan sebagai bukti penumpang tersebut sudah melakukan screening di bandara atau di pelabuhan tempat mereka berangkat.

‘’Yang harus diisi adalah nama, umur, alamat, kota asal perjalanan, kota tujuan, tanggal kedatangan dan kondisi kesehatan saat ini, dengan informasi itu gugus tugas akan mudah melakukan survey, pengawasan dan tracing nantinya,’’kata Aris.(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top