Kasus Konfirmasi Covid-19 di Nunukan Bertambah Menjadi 44 kasus

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Kasus konfirmasi positif Novel Corona Virus 19 di Nunukan Kalimantan Utara bertambah 1 kasus, penambahan tersebut menambah panjang daftar kasus Covid-19 di wilayah perbatasan RI – Malaysia ini dengan total 44 kasus.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nunukan Aris Suyono mengatakan, terjadi penambahan kasus dari notifikasi hasil Tes Cepat Molekular (TCM) yang dikeluarkan RSUD Tarakan.

‘’Terdapat satu penambahan kasus reaktif atas nama NNK 44 berjenis kelamin perempuan,’’ujar Aris, Selasa (16/06/2020).

Dijelaskan, pasien bernama HT (48) tersebut beralamat di jalan Handil Sulawesi Kota Balikpapan Kalimantan Timur dan di Nunukan berdomisili di wilayah Nunukan Utara.

BERWYN SEPEDA STATIS NS-654_3
RUPARUPA : BERWYN SEPEDA STATIS NS-654_3 Hemat Rp. 700.000,-

 

HT merupakan pelaku perjalanan dari Balikpapan Kalimantan Timur atau Orang Dengan Resiko (ODR), pasien tercatat melakukan perjalanan pada 22 Mei 2020 menggunakan pesawat Lion Ait JT 674 dan tiba di kota Tarakan sekitar pukul 10.00 WITA.

Perjalanan berlanjut menuju Nunukan menggunakan speedboat carter bersama tiga orang lain, dan begitu sampai di Nunukan, pasien tersebut menginap di salah satu penginapan di sekitar pelabuhan. Aris melanjutkan, pasien lebih banyak beraktifitas di penginapan, sementara itu tim medis sudah melakukan tracing.

‘’Kita masih belum tahu nama speedboad tersebut, pasien bersama tiga orang lain dalam satu speed dan kita baru mendapatkan satu orang,’’jelas Aris.

Pasien kali ini merupakan penduduk luar pulau Nunukan, sehingga gugus tugas Nunukan masih akan berupaya menelusuri lebih jauh apakah kasus ini adalah import atau kasus kategori lainnya.

Dengan adanya penambahan ini, gugus tugas Nunukan kembali mneegaskan agar masyarakat Nunukan disiplin mematuhi protokol penanggulangan covid-19, hal ini akan menjadi penentu keberhasilan dalam penanganan penyebaran wabah yang menyerang system pernafasan ini.

‘’Tetap jaga jarak aman tanpa sentuhan fisik, hindari kerumunan, biasakan selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer,’’kata Aris.

Perkembangan terbaru kasus Covid-19 di Nunukan per 16 Juni 2020 pukul 12.00 wita, tercatat 44 kasus konfirmasi positif, dengan 34 kasus sembuh, sebanyak 10 orang masih dalam proses therapy medis, dengan rincian, 7 pasien berada di gedung khusus pemulihan desa Binusan, dan 3 orang melakukan isolasi mandiri, masing-masing 1 orang di kelurahan Mansapa, 1 orang di Selisun/Sei Sembilang, dan 1 pasien NNK 44 dalam proses isolasi mandiri di Nunukan Utara.

‘’Kami tengah melakukan survey kelayakan rumah yang akan dijadikan tempat isolasi mandiri, kita juga sudah berkoordinasi dengan RSUD Nunukan apabila rumah pasien tak layak maka akan ditempatkan di bangsal isolasi,’’kata Aris.

Gugus tugas juga masih mencatatkan sebanyak 19 Orang Dalam Pengawasan (ODP), Sebanyak 341 Orang Tanpa Gejala (OTG) dan ada 4 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).(KU).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top