Sekda Malinau Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Peringatan HUT RI ke-75

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Pimpin rapat persiapan pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 75 dengan  protokol kesehatan penanganan dan pencegahan Covid-19.

Ini berdasarkan surat Menteri Sekretaris Negara bernomor B-457/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 tentang Partisipasi Menyemarakan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 kepada para pejabat negara di seluruh Indonesia dengan pokok isinya adalah ajakan turut serta menyemarakkan Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020 dengan melaksanakan hal-hal sebagaimana Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020. Dan Pelaksanaan Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 agar mematuhi protokol kesehatan penanganan dan pencegahan Covid-19.

Dari hasil rapat bahwa untuk memperingati HUT RI ke-75 tahun 2020 ada beberapa mengalami perubahan disesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid-19, Kamis (23/7/2020).

Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM kepada pewarta menjelaskan, ada beberapa perubahan pelaksanaan peringatan HUT RI kali ini. Yang pertama bahwa kita akan memajukan jam pelaksanaannya di jam 8.00 wita, ini sudah berproses, tidak seperti biasanya detik detik Proklamasi dilaksanakan pada jam 10 pagi.

“Ini harus diingat oleh undangan peserta upacara, jadi kita laksanakan pada pukul 8, sehingga mungkin diperkirakan pukul 10 itu sudah tuntas”.

Karena kita harus mengikuti secara virtual peringatan detik detik proklamasi di istana.

“Jadi nanti sehabis kita upacara di halaman kantor Bupati, setelah itu kita langsung naik ke ruang laga fratu untuk menyaksikan peringatan HUT RI secara virtual di Istana Negara.

Pelaksanaan kali ini juga dibatasi, baik dari tempat jadi memang harus dilaksanakan di tempat Pemerintah. Kemudian jumlah peserta juga terbatas sekitar 812 orang, baik Pejabat, maupun peserta apel.

Kemudian perserta upacaranya sendiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, Pelajar, Kepala Desa, Ketua Rt, dan Mahasiswa. Sementara jumlah paskibraka hanya 6, dan nantinya akan disesuaikan walaupun sebenarnya kita sudah seleksi, namun sesuai edaran hanya 6. Dan untuk yang bertugas di pagi itu dari TNI dan kemudian untuk penurunan itu dari Polri.

Sebelumnya pada 14 Agustus 2020 akan ada kegiatan Tanda Kehormatan Satya Lencana yaitu penyerahan tanda kehormatan kepada 288 Pegawai Negeri Sipil dilanjut mendengarkan pidato presiden, timpal Ernes.

“Kita tidak melaksanakan kegiatan taptu, karena di edaran kita tidak ada taptu dan juga tidak memiliki makam pahlawan yang biasanya digantikan dengan taptu, mengingat pandemi ini jadi kita tidak melaksanakannya, karena akan mengumpul banyak orang jadinya taptu tidak dilaksnakan”.

Selain itu, kita akan melaksanakan acara resepsi, sebenarnya acara resepsi kenegaraan itu tidak ada, tapi karena sesuai arahan Bapak Bupati, Beliau pengen tetap ada syukuran karena dihari ulang tahun RI ke 75 ini khususnya Malinau bisa melewati Pandemi, dan tetap bisa merayakan, tutupnya.(ezi).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top