Bupati Laura Hadiri Pemberian Remisi HUT RI Bagi Warga Binaan Lapas Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid menghadiri pemberian remisi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 Tahun di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Nunukan, Senin (17/08/2020).

Dalam sambutannya yang disampaikan melalui Video Conference, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan pemberian remisi terhadap 119.175 narapidana dan anak pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan bentuk penghormatan negara terhadap hak narapidana yang diamanatkan oleh undang-undang.

“Warga binaan pemasyarakatan merupakan bagian dari warga negara yang tetap memiliki hak yang mesti dihormati dan dipenuhi, salah satunya adalah remisi bagi yang memenuhi syarat seperti diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan,” ujar Yasonna di Jakarta.

Dalam kesempatan ini Kepala Lembaga Pemasyarakan Kelas IIb Nunukan, Taufik Hidayat menyampaikan bahwa untuk di Lapas Nunukan sendiri sebanyak 449 napi yang menerima remisi Kemerdekaan HUT RI ke 75 berdasarkan instruksi Kementrian Hukum dan HAM.

” Dilapas Nunukan sendiri sebanyak 449 narapidana yang mendapatkan remisi umum 1 dan 15 untuk remisi umum 2 bebas,” kata Taufik Hidayat.

Menurutnya kriteria narapidana yang mendapat remisi tersebut harus memiliki syarat administratif dari kejaksaan dan syarat substantif berkelakuan baik dan tidak melanggar tata tertib serta berkomitmen menjadi justice kolaborator yaitu bekerjasama dengan penegak hukum mengungkap suatu tindak pidana yang sama.

Kedepan Taufik berharap berharap agar kegiatan pembinaan terus ditingkatkan sehingga warga binaan tidak lagi melakukan perbuatan melawan hukum dan ketentuan dalam lembaga pemasyarakatan kelas IIB Nunukan.(KU).

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top