Hariyadi: Sampaikan Pesan 9 Desember Digelar Pemilihan Serentak

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Hari ketiga agenda ‘Pendidikan Pemilih dan Touring Pilkada Tahun 2020’ masih berlanjut di Kabupaten Nunukan, Selasa (4/8). Lokasi sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Kaltara terletak di Desa Sanur dan Desa Makmur, Kecamatan Tulin Onsoi.

Komisioner KPU Kaltara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM Haryadi Hamid mengemukakan, masyarakat di dua desa tersebut antusias mengikuti kegiatan. Mulai dari rangkaian konvoi maskot pilkada ‘Si Ega’ di Desa Makmur sampai pada sosialisasi di Desa Sanur yang tampak dihadiri warga setempat.

“Dalam kegiatan sosialisasi yang kami rangkai dengan agenda touring ini, antusiasme masyarakat luar biasa. Kegiatan tadi (Selasa) sore keliling kampung dan konvoi bagi brosur disambut meriah warga. Kegiatan malamnya pun, meski hujan, warga tetap bisa datang,” katanya.

Dukungan warga di salah satu kecamatan yang berbatasan dengan Malaysia itu disebut akan memeriahkan pesta demokrasi tahun ini. Apalagi, dipilihnya dua desa sebagai titik sosialisasi, diharapkan mampu mendongkrak partisipasi pemilih.

“Kami pilih Tulin Onsoi karena perbatasan dengan Malaysia. Meskipun pusat pemerintahan (kecamatan) ada di Desa Sekikilan, tapi di Sanur ini banyak aktifitas ekonomi. Sehingga sosialisasi dilakukan di sini. Prinsipnya adalah, sampaikan pesan 9 Desember digelar pemilihan serentak,” terang Hariyadi.

Senada dengan Komisioner KPU Kaltara Divisi Hukum dan Pengawasan Gamaliel Hirung Ding, melalui sosialisasi tersebut bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Untuk itu, ia mengajak warga Nunukan untuk menggunakan hak pilihnya. Baik terhadap Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltara maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Nunukan.

“Semakin tinggi partisipasi, maka demokrasi di Kaltara akan semakin baik,” sebutnya.

Sementara itu, Camat Tulin Onsoi Kristoforus Belake yang turut menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada KPU. Ia berharap melalui sosialisasi dapat memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakatnya.

“Kegiatan ini kami harapkan dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Bagaimana partisipasi pemilukada 2020 berjalan aman, damai, berkualitas dan berintegritas. Saya juga mengajak kepada masyarakat yang hadir, tentunya bisa transfer apa (materi sosialisasi) yang diterima, diteruskan kepada keluarga dan kerabat,” jelasnya.(KU).

Scroll to Top