Upacara HUT RI Ke-75, Bupati Malinau : Produk Lokal Memperkokoh Ekonomi Daerah

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Kabupaten Malinau gelar Upacara detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75. Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si berdiri sebagai Inspektur Upacara, Senin (17/8).

Dalam amanatnya, Dr. Yansen TP, M.Si berkeinginan mewujudkan semangat pembangunan berbasis komunitas. Pembangunan yang langsung menyentuh kehidupan dasar masyarakat secara individualis. Menggerakan pemabangunan melalui pengembangan produk lokal sesuai karakter rakyatnya, karakter RT-nya, Karakter Desanya masing-masing.

Yansen TP mengatakan, mimpi dan cita-cita besar kita dan kerjakeras kita, setiap orang, setiap RT, setiap Desa harus mampu menciptakan produknya masing-masing.

 

“Kita harus jujur, bahwa tujuan utama negara kita adalah mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan bagi seluruh Rakyat Indonesia, dan itu artinya kemandirian secara individual dibidang sosial ekonomi dan budaya.

Untuk itu, kita harus membangun semangat positif dalam cara berperasaan kita dan cara berfikir kita, cara berbicara kita dan cara bertindak kita.

Tentunya, “Apa yang kita rasakan mempengaruhi pikiran kita, apa yang kita pikirkan menggerakan diri kita untuk bertindak”.

Oleh karenanya, dalam setiap kesempatan saya selalu mengajak kita sekalian untuk berfikir dan bertindak positif, menggerakan masyarakat bertindak positif untuk menata dan membangun dirinya dalam persatuan keluarga, RT dan Desa mewujudkan Kabupaten Malinau yang maju dan sejahtera.

Kita bersukur kita sudah cukup memiliki banyak produk lokal yang telah dihasilkan oleh Unit Ekonomi Menengah, seperti batik malinau, handycraft, tas dari rotan, aneka produk kuliner, mebeler rotan. Berbagai produk ini telah dikenal sampai keluar daerah bahkan sampai ketingkat Nasional.

Untuk itu, kita patut berbangga dengan produk ini, namun bangga saja tidak cukup, tapi kita harus giat meningkatkan mutu dan kualitas produk serta nilai tambahnya agar lebih berdampak menjadi kekuatan ekonomi.

Pemanfaatan produk lokal inimerupakan langkah strategis dalam menghidupkan dan memperkokoh ekonomi daerah dan rakyat. Dengan demikian akan membuka pendapatan yang layak bagi masyarakat Kabupaten Malinau, jelasnya.(ezi).

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top