Pengalaman Jadi Birokrat Dan Kepala Daerah, Yansen TP Tawarkan Solusi Pembangunan Melalui Gerakan Desa Membangun

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Setiap hari ada saja masyarakat Kaltara mengeluh soal sulitnya kehidupan di Kaltara.

Mengapa demikian, karena selama ini konsep pembangunan tidak sesuai dengan yang diharapkan rakyat Kaltara.

Demikian disampaikan Calon Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Yansen Tipa Pada saat menyampaikan orasi dihadapan pendukungnya.

“Selalu saja, setiap hari ada saja warga di Kaltara marah terhadap sistem pembangunan di Kaltara yang tidak sesuai dengan keinginan rakyat Kaltara,” ujarnya.

“Mau ke pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan sulit (Akses menuju ke sana sulit, jalan rusak),” lanjut Yansen TP sembari menyampaikan solusi.

Ketika nantinya pasangan ZIYAP (Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP) memenangkan pertarungan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kaltara, maka solusi pemerataan pembangunan akan tercipta.

“Dahulu saat saya menjadi Camat di Apau Kayan, saya terbiasa merencanakan dan merancang sesuatu. Saya melihat, masyarajat desa itu memiliki kemampuan,” tandasnya.

Melihat potensi itu, Yansen menganggap, kepercayaan dapat diberikan kepada masyarakat desa untuk dapat mengelola sumber daya di desa mereka masing-masing.

“Itulah mengapa, tercipta konsep Gerakan Desa Membangun (Gerdema),” katanya menjelaskan konsep tersebut telah sukses diterapkan di Kabupaten Malinau.

Yansen TP yang juga masih menjabat sebagai Bupati Malinau ini menegaskan, dengan percaya kepada masyarakat desa untuk mengelola desanya sendiri, artinya menghadirkan negara ditengah masyarakat.

“Pembangunan kita pusatkan di desa-desa. Apalah arti ada negara kita, tapi kehidupan masyarakat kita masih jauh dari sejahtera,” tandasnya.

“Oleh karenanya, kita harus dekatkan negara, dengan mempercayakan pembangunan di desa kepada masyarakat desa itu sendiri,” imbuhnya.(ant).

loading...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top