Sekda Malinau Hadiri Webinar Bersama IKBM

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Literasi menjadi salah satu fokus pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Malinau dalam mendorong pembangunan daerah. Dalam agenda webinar bersama dengan Ikatan Keluarga Baca Malinau Sekda Malinau Dr.Ernes Silvanus S.Pi.,MM mengatakan Ikatan Keluarga baca Malinau (IKBM) ini mengambil momentum di mana pembelajaran di sekolah ini agak sedikit berkurang karna kita membatasi jam belajarnya oleh dampak pandemi covid-19.

“sekalipun masih dalam pandemi, proses belajar terutama dalam membaca agar terus bisa berjalan” ujar Sekda malinau dalam webinar secara virtual di ruang laga feratu Lt. III pemda malinau,kamis (8/10/2020).

dalam kesempatannya Dr.Ernes Silvanus S.Pi.,MM juga menyampaikan metode literasi dalam adaptasi kebiasaan baru ialah mengoptimalkan taman baca masyarakat (TBM) dan mendatangi para siswa atau orang-orang yang ingin membaca buku.

Sekda juga membeberkan beberapa kendala dalam proses berjalan nya metode literasi ini yaitu kurang nya relawan yang punya jiwa sosial yang tinggi terhadap dunia literasi dan keterbatasan seperti minim nya bahan bacaan buku yang baru serta alat transportasi untuk para relawan untuk mendatangi siswa atau orang-orang yang ingin membaca juga menjadi fokus pembahasan dalam diskusi tersebut.

“dengan kemajuan teknologi informasi saat ini buku menjadi kurang di minati sehingga orang akan lebih memilih gadget atau hp.tapi bukan berarti kita berhenti bertanggung jawab terhadap situasi ini untuk daerah atau masyarakat yang tidak memiliki hp dan tidak ada akses internet” ujarnya dalam wawancara.

selain Sekda Malinau Dr.Ernes Silvanus S.Pi.,MM kegiatan webinar juga di hadiri oleh kepala OPD terkait dan Kepala Dinas Pendidikan malinau serta ketua ikatan keluarga baca malinau,Olivianti.

Sekda malinau juga menyerukan untuk mengoptimal kan kembali fungsi Taman Baca Masyarakat (TBM) yang ada di desa-desa dan untuk biaya operasional nya bisa memanfaat kan baik itu dana desa,dana gerdema atau dana RT Bersih yang itu sebenarnya dapat di manfaat kan untuk menguatkan fungsi dari Taman Baca Masyarakat yang ada desa tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top