Amankan Harga Rumput Laut, Kerugian Petani Tertanggulangi

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Haji Danni Iskandar berkomitmen menanggulangi kerugian petani rumput laut, saat harga jatuh hingga tak menutupi biaya produksi. Untuk itu, perusahaan daerah akan memiliki unit usaha yang khusus menangani rumput laut.

“Kami akan melakukan safety buying melalui perusda saat harga rumput laut turun pada angka tertentu. Ini untuk melindungi petani dari kerugian sekaligus sebagai tindakan re-pricing pada pasar menuju harga keekonomiannya,” ujar mantan Ketua DPRD Kabupaten Nunukan ini, Jumat (13/11/2020).

Danni mengatakan, upaya- upaya yang sudah dilakukan pemerintah daerah selama ini harus ditingkatkan, agar kesejahteraan petani rumput laut juga meningkat.

“Selain bantuan sarana dan prasarana, peningkatan kapasitas agar produksi meningkat, pemasaran rumput laut, kita juga harus mampu melindungi petani dari kerugian,” katanya.

Disektor perikanan, selain terhadap petani rumput laut, Danni- Nasir juga akan memberikan bantuan sarana dan akses permodalan untuk peningkatan produksi perikanan kepada nelayan tangkap maupun budidaya. Selain itu meningkatkan kapasitas nelayan untuk peningkatan produksi maupun akses pemasaran.

“Yang terpenting, bagaimana membuka akses pemasaran untuk produk perikanan,” katanya.

Tak hanya nelayan tangkap, dukungan juga harus menyentuh para pelaku usaha budidaya perikanan seperti di kolam.

“Saudara- saudara kita di pedalaman juga didorong membudidayakan ikan di kolam, bahkan harus sampai ke pengolahannya. Karena itu kami akan mengintervensi penggunaan dana desa untuk pengadaan listrik desa, agar mendukung industri pengolahan rumah tangga,” ujar politisi Partai Demokrat yang berpasangan dengan politisi Partai Keadilan Sejahtera, Muhammad Nasir.

Untuk pengembangan ekonomi sekaligus peningkatan kesejahteraan rakyat, terhadap usaha mikro, kecil dan menengah, Danni- Nasir akan mendorong akses terhadap jasa keuangan. Selain itu memberikan bantuan sarana dan mengintegrasikan pelaku usaha dengan perusahaan daerah.

“Untuk mendorong pemasarannya, akan disediakan one-stop website informasi megenai seluruh produk dan jasa yang ada di Kabupaten Nunukan beserta kontak UMKM yang menghasilkannya, cara order dan mengkampanyekan web tersebut secara massif,” kata calon yang diusung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Bulan Bintang serta didukung PKPI dan Partai Amanat Nasional ini.(mk).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top