Kunjungi Malinau, Anggota Bawaslu RI Beri Arahan ke Panwascam Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Malinau mendapatkan kunjungan dari anggota Bawaslu Republik Indonesia (RI), Mohammad Afifuddin S.TH.I.,M.Si di damping ketua Bawaslu Kaltara dan jajarannya.

Saat kedatangan anggota Bawaslu RI dan rombongan di sambut langsung oleh ketua Bawaslu Malinau, Donny S.Th dan jajarannya serta anggota Panwascam Kabupaten Malinau.

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka rapat koordinasi dalam pengawasan dan penerapan protokol kesehatan jelang pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Malinau. Kegiatan berlangsung di Ruang Laga Feratu, Pemda Malinau, Sabtu (21/11/20).

Ketua Bawaslu RI, Mohammad Afifuddin dalam pengarahannya menyampaikan, untuk panitia pengawas kecamatan (panwascam) Malinau harus membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan semua pihak termasuk calon kepala daerah. karna panwascam mempunyai peran penting dalan pengawasan pada saat pemungutan suara berlangsung.

“Pada dasar nya kita mengawasi agar pilkada berjalan dengan aman dan lancar. untuk itu, panwas harus menjaga hubungan baik dengan semua pihak dan harus profesional” ujar nya.

Anggota Bawaslu RI itu pun menjelaskan bahwa ini merupakan bagian dari upaya mereka dalam memastikan di jajaran Bawaslu Malinau terkait kesiapan dalam pengawasan Pilkada, baik di pengawas Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan maupun TPS.

“Kita ingin memastikan semua alat pelindung diri siap untuk pengawas dan semua jajaran juga siap melakukan pengawasan” tutur nya.

Mohammad Afifuddin juga menambahkan soal kekurangan pengawas TPS, kendala pengawas terkait akses dan wilayah serta SDM Kabupaten Malinau sudah di koordinasikan dengan pihak Bawaslu RI.

“Bawaslu adalah satu kesatuan, baik Bawaslu RI, Provinsi atau Kabupaten/Kota semua bertanggung jawab terhadap pengawasan Pilkada” tandas nya.

Sehingga jika ada bagian pengawasan yang tidak berjalan, semua harus saling bahu membahu untuk membenahi nya.

Ia juga mengimbau agar seluruh anggota Bawaslu tetap menjaga kesehatan jelang hari pemungutan suara dan untuk seluruh pengawas agar tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 yang telah di tetapkan pada saat bertugas.(ag).

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *