Zainal – Yansen Paparkan Program Unggulan Pembangunan dan Ekonomi

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Debat publik ketiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Utara tahun 2020 yang bertajuk ekonomi, kesejahteraan sosial, energi, lingkungan hidup, pertanian, kehutanan, perikanan, infrastruktur, teknologi dan pengelolaan pembangunan perbatasan serta penyelarasan pembangunan daerah di provinsi Kalimantan Utara yang di gelar, Senin (30/11/20). menjadi ajang terakhir bagi ketiga paslon untuk mengemukakan wawasan, gagasan serta visi-misi nya dalam membangun provinsi Kalimantan Utara kedepan di hadapan publik.

Dalam sesi penyampaian program unggulan, pasangan calon nomer urut 3, Zainal – Yansen menyoroti beberapa hal yaitu terkait pembangunan dan kesejahteraan sosial. calon gubernur Kaltara, Zainal A.Paliwang mengatakan, pembangunan adalah sebuah proses yang telah di rencanakan untuk mencapai kondisi yang lebih baik. namun, kenyataan nya di lapangan, provinsi Kaltara jauh lebih baik ketika masih menjadi bagian dari provinsi Kalimantan Timur. lalu, terkait kesejahteraan sosial, menurut data BPS tahun 2019 menyebutkan bahwa keluarga pra-sejahtera mencapai 24.460 KK bahkan 35.950 KK kategori sejahtera 1 artinya ratusan ribu warga Kaltara penghasilannya hanya cukup untuk makan sehari-hari. hal ini lah yang mendorong pasangan calon Zainal – Yansen untuk mengubah kondisi tersebut.

Di bidang ekonomi, Zainal – Yansen melalui progran kerja nya akan menjadikan keluarga menjadi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan usaha kelompok Milenial yang nanti nya akan menjadi ujung tombak ekonomi kreatif dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sekaligus sebagai langkah untuk pemulihan ekonomi dampak dari pendemi covid-19.

“Kami akan jadikan keluarga sebagai pelaku UKM dan usaha kelompok milenial sebagai ujung tombak perekonomian dalam industri 4.0” ujar nya.

Lalu melihat ketersediaan pasokan energi di Kalimantan Utara, Zainal A.Paliwang mengatakan akan mewujudkan program Desa Kaltara Terang dengan membangun sumber energi baru terbarukan.

Zainal A.Paliwang juga menambahkan akan menuntaskan terkait banjir dan kebakaran hutan akan di atasi dengan instrumen khusus penanganan bencana. lalu, akan memprioritaskan tata kelola dan perawatan secara kolaboratif hutan kayan mentarang demi mewujudkannya menjadi paru-paru dunia.

Sementara itu, Yansen TP, calon wakil gubernur Kaltara mengatakan akan menjadikan Kaltara menjadi lumbung pangan.
“kami akan berikan petani tambak berupa eskavator untuk perluasan lahan dan benur harga murah. untuk mengendalikan harga jual panen rumput laut, kami akan bentuk koperasi” tutur nya.

Yansen TP, calon wakil gubernur Kaltara ini juga menambahkan akan mengutamakan pembangunan jalan provinsi dan menyerahkan pengelolaan aset kepada Kabupaten/Kota di Kalimantan Utara. karna menurutnya, pembangunan infrastruktur jalan sangat penting untuk konektifitas antar wilayah di perbatasan.

“Zainal-Yansen bertekad untuk mewujudkankan provinsi Kaltara sebagai beranda terdepan yang berubah, maju dan sejahtera” ucap yansen.(ag).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top