6 Desa Raih Penghargaan Kemendes PDTT

DPMD Malinau Beberkan Langkah Agar BLT Tepat Sasaran

 

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Sebanyak 6 Desa di Kabupaten Malinau mendapat penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Penghargaan di serahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Padan Impung Jum’at (11/12) yang lalu.

Penghargaan yang di berikan merupakan bentuk apresiasi dari Kemendes PDTT untuk Desa-desa yang telah berhasil menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala DPMD Malinau, Padan Impung mengatakan dari 106 Desa, hanya 6 Desa yang mendapat penghargaan penyaluran BLT tahap pertama, yaitu Desa Malinau Kota, Desa Long Temuyat, Desa Sengayan, Desa Kaliamok, Desa Long Adiu dan Desa Nahakramo.

“Ada beberapa desa yang mendapatkan penghargaan, artinya yang cepat merealisasikan program BLT tahap pertama,” ujar Padan Impung, kepada Swarakaltara.com, Selasa (22/12/20).

Padan Impung menyampaikan, data dari DPMD sendiri sebelum tanggal 13 mei itu ada sekitar 12 Desa yang sudah tepat salur terkait BLT tahap pertama. namun, karna penilaian dari Kemendes PDTT sehingga hanya 6 Desa yang mendapat penghargaan untuk penyaluran BLT tersebut.

Kepala DPMD Malinau ini juga menambahkan, sesuai arahan, pihak Desa membentuk tim untuk mendata masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan sosial lainnya lalu di musyawarahkan apabila layak mendapatkan BLT tersebut.

“Memang proses nya juga banyak, tetapi itu yang mereka lihat dan masyarakat sangat terbantu dengan BLT itu,” ucap nya.

Langkah DPMD Malinau agar tidak terjadi tumpah tindih antara BLT Dana Desa dan bantuan sosial lainnya, Padan Impung menjelaskan, ini adalah ranahnya Desa setelah semua masyarakat telah terdata dan Permendes nya keluar, pihak DPMD dan Desa akan crosscheck data penerima bantuan.

“Untuk data penerima bantuan, DPMD dan Desa akan crosscheck ulang data kemudian akan di verifikasi agar penerima bantuan tepat sasaran,” jelas Padan.

Ia berharap kepada Desa-desa di Kabupaten Malinau terkait banyak nya bantuan-bantuan sosial yang ada, pihak Desa harus banyak berkoordinasi dengan OPD terkait agar program bantuan dari Pemerintah dapat tepat sasaran untuk masyarakat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top