798 Pemudik Terpantau Lewati Jalur Sungai, Melalui Pelabuhan Speed Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Terdata secara riil di lapangan, pada saat pelaksanaan Operasi Lilin Kayan 2020, melalui Pos Pelayanan (Posyan) bahwa pada 798 pemudik masuk melalui jalur sungai, di Pelabuhan Speed Malinau.

Jumlah penumpang speedboat ini dihimpun oleh aparat jaga di Posyan, terhitung sejak senin (21/12/2020) hingga jumat (25/12/2020) lalu.

Untuk diketahui pula, selain Posyan pihak kepolisian sebagai pemimpin dalam Operasi Lilin Kayan 2020 juga membangun Pos Pengamanan (Posman).

Sedikitnya, ada tiga pos pelayanan yang dibangun, yakni di Bandar Udara (Bandara) Kolonel RA Bessing, Pelabuhan Kapal (speed boat) dan UPTD Terminal di Kecamatan Malinau Kota.

Sedangkan untuk Posman, dibangun di satu lokasi. Dimana pos ini merupakan pusat koordinasi antar pos yang telah dibangun selama Operasi Lilin Kayan 2020.

Seperti disampaikan Kapolres Malinau, AKBP Agus Nugraha mengungkapkan, pos pengamanan dibangun dan disiagakan di Taman Jojok Desa Malinau Seberang.

“Sedangkan untuk fungsinya, Posman itu, berfungsi sebagai pusat komando dan koordinasi. Kita juga punya 3 Posyan dan satu Pos man,” katanya saat diwawancara oleh awak media.

Tidak hanya berfungsi sebagai itu saja, dibeberkan Agus, Posman juga berfungsi sebagai alat pemantau arus mudik yang terjadi di Hari Raya Natal tahun ini.

“Jadi seluruh data yang dihimpun oleh 3 posyan tadi itu, dikirimkan kepada Posman. Nah, nanti di Posman akan melakukan pengolahan data, dengan terus meng-update-nya setiap hari,” tuturnya.

“Tidak bekerja sendiri, personel gabungan lainnya yang terdiri dari instansi terkait juga terus melakukan update penumpang,” imbuhnya.(ant).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top