Lewat Rembuk Kopi, Dinas Pertanian Malinau Serap Pendapat dan Gali Potensi Kopi Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Kopi, seperti yang di ketahui tumbuhan yang satu ini tampaknya bukan hal baru bagi masyarakat Malinau. Dengan menjamurnya berbagai Cafe dan Kedai Kopi di Malinau semakin meyakinkan bahwa minuman ini memang sangat cocok sebagai kawan untuk menemani hari di sela – sela kesibukan beraktivitas.

Dalam hal ini, Dinas Pertanian Kabupaten Malinau menggelar kegiatan “Rembuk Kopi” yang di gagas untuk petani kopi, pelaku usaha dan stakeholder di lingkungan Pemda Malinau. Kegiatan berlangsung di Ruang Laga Feratu Lt.III,Pemda Malinau, Selasa(1/12/20).

Dalam kegiatan, Afri ST Padan, Kepala Dinas Pertanian Malinau mengatakan, ini juga merupakan lanjutan dari pelatihan yang kami adakan kemarin dan dalam Rembuk Kopi kali ini kita akan uji mutu dan cita rasa kopi lokal Malinau.

“Tujuan Rembuk Kopi ini ialah agar kita dapat bertukar pikiran dan pendapat dengan pelaku usaha serta petani kopi. untuk mencari tahu masalah apa yang di hadapi baik dalam budidaya atau pengolahan kopi” ujar nya.

Sebelum kegiatan Rembuk Kopi ini di gelar, Dinas Pertanian Malinau bersama Bank Indonesia (BI) juga telah mengadakan pelatihan uji mutu dan kualitas kopi Malinau yang sesuai standart nasional.

Afri ST Padan menambahkan, terkait budidaya kopi masih banyak yang harus di perhatikan baik dari pemupukan untuk meningkatkan produktivitas maupun pencegahan hama penyakit.

Untuk pelaku usaha kopi atau penjual produk kopi, Dinas Pertanian Malinau mendapatkan masukkan agar mutu kopi juga harus di perhatikan karna juga akan berpengaruh terhadap harga kopi.

“Semua saling berhubungan, maka dari itu kegiatan Rembuk Kopi ini sangat berguna” ucap Afri ST Padan.

Menurut Afri ST Padan, kopi Malinau sudah eksis di pasaran, hanya saja masih mengalami benturan situasi dan kondisi, salah satunya covid – 19 ini.
“Agar industri kopi ini tetap bertahan, kita ingin agar produk kopi Malinau di tingkatkan dan kita pertahankan eksistensi nya” pungkas nya.

Untuk itu kedepan kita akan tindak lanjuti dan mengajak semua masyarakat pecinta kopi agar dapat memberikan masukkannya secara luas.(ag).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top