Partisipasi Masyarakat pada Pilkada Serentak di Malinau Capai 85%, Ini Pesan KPU Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Malinau tahun 2020 berjalan aman dan lancar. bahkan angka partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih nya mencapai 85 % dan naik dari Pilkada tahun lalu yang hanya 82 %.

“Alhamdulillah, antusiasme masyarakat Malinau masih tinggi. meskipun Pilkada di gelar di tengah pandemi” ujar Indra Gunawan, Komisioner KPU Malinau, Selasa (15/12/20).

Menurut Indra, keberhasilan pesta demokrasi tersebut tidak lepas dari upaya kerja keras penyelenggara, pasangan calon, relawan, partai politik dan aparat keamanan. sehingga tahapan Pilkada dari awal sampai penghitungan suara berjalan aman dan lancar.

“Yang di takutkan pada saat Pilkada di tengah pandemi ini ialah partisipasi masyarakat akan menurun. namun, berkat kerja keras dari semua pihak, alhamdulillah antusiasme masyarakat luar biasa” ucap Indra.

Semua itu tidak lepas dari upaya KPU Malinau dan semua pihak untuk meyakinkan masyarakat bahwa Pilkada tahun ini aman. KPU Malinau mengambil langkah antisipasi untuk tidak membolehkan masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar tidak datang ke TPS karna di khawatirkan akan terjadi penyebaran Covid-19 di tempat tersebut.

KPU Malinau juga terus berkoordinasi dengan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Malinau, menghimbau masyarakat agar menaati protokol kesehatan saat Pilkada.

Di Form C-Pemberitahuan KPU Malinau juga memberikan jadwal waktu untuk pemilih agar tidak terjadi kerumunan saat di TPS.

Komisioner KPU Malinau, Indra Gunawan menuturkan bahwa tinggi nya partisipasi masyarakat pada Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Malinau juga karna adanya dukungan dari Pemerintah Daerah.

“Dari awal KPU Malinau fokus untuk terus sosialisasi Pilkada yang aman dari pandemi Covid-19. kita meyakinkan masyarakat bahwa Pilkada tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, lalu kita kemas dalam sosialisasi lewat media massa serta dukungan dari Pemda Malinau, TNI-Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat” pungkas Indra.(ag).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top