Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Pesan Kepala Dinas Kesehatan Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Memperingati hari AIDS Sedunia atau World Aids Day setiap tanggal 1 Desember, dalam peringatan kali ini tema yang di usung ialah Global Solidarity and Shared Responsibility atau Solidaritas Global dan Tanggung Jawab Bersama.

Menanggapi hal itu, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malinau, Dr.Jhon Felix Rundupadang mengatakan, meskipun kita masih dalam masa pandemi covid-19 tetapi pemerintah tetap mengingatkan kita pada bahaya penyakit menular lainnya.

“Harus kita pahami, khusus untuk masyarakat Malinau, HIV Aids adalah salah satu penyakit menular yang harus kita waspadai” ujarnya.

Untuk itu di hari Aids sedunia pada hari ini kami akan terus ingatkan masyarakat agar menjaga diri agar terhindar dari penyakit tersebut.

Lanjutnya, hal itu lah yang kemudian di tekankan oleh pemerintah melalui kata STOP (Suluh, Temukan, Obati dan Pertahankan).

Dr.Jhon Felix Rundupadang juga berharap dengan adanya peringatan hari Aids yang di gagas oleh pemerintah melalui Kementrian Kesehatan, hiruk pikuk pandemi covid-19 sedikit kita alihkan. yang artinya, kita jangan terlalu fokus dengan satu penyakit menular saja, tanpa kita sadari ternyata masih banyak penyakit menular lainnya yang perlu kita waspadai.

“Walaupun dengan cara yang sederhana, kita harapkan agar masyarakat tetap jaga kesehatan dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar kita terhindar dari berbagai penyakit menular lainnya” pinta nya, Selasa (1/12/20).

Perlu di ketahui, penyakit HIV AIDS sangat dekat dengan penyakit menular lainnya seperti penyakit Tuberculosis (TBC). sehingga ketika orang terinfeksi dengan HIV Aids maka kekebalan tubuh nya akan menurun.
“Meskipun menyerang secara perlahan, tapi tetap sangat membahayakan untuk kesehatan” tutup nya.

Kita berharap dengan adanya penemuan dan inovasi untuk mengatasi HIV Aids dan kesadaran masyarakat terus kita bangun, dalam periode 10 tahun kedepan kasus HIV Aids kita bisa kendalikan.(ag).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top