TPKJM Malinau Akan Dibentuk

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Edy Marwan membuka secara resmi sosialisasi dan pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) di Kabupaten Malinau.

Kegiatan berlangsung di Ruang Pertemuan Intulun, Pemda Malinau, Rabu (23/12). Kegiatan ini di gagas oleh Tim Pengarah Kesehatan Jiwa Masyarakat Provinsi Kalimantan Utara.

Tujuan di bentuk TPKJM ialah untuk pencegahan dan penanggulangan kesehatan jiwa maupun sosial.

“Kegiatan yang kita adakan hari ini mungkin baru di Malinau, namun Pemerintah daerah menyambut baik dengan adanya sosialisasi dan pembentukan TPKMJ di Malinau,” ungkap Edy Marwan.

 

Walaupun tergolong baru dan akan di bentuk kepengurusannya, Edy Marwan berharap program ini tidak hanya di bentuk saja tetapi akan dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan jiwa masyarakat, serta harus sejalan dengan program unggulan Kabupaten Malinau.

“Artinya sehat rohani, jasmani, lingkungan, keluarga dan semua masyarakat Malinau secara keseluruhan,” ucap nya.

 

Edy Marwan menambahkan, setelah tim ini dibentuk harus ada keterpaduan dan keserasian antara tim pelaksana dengan program Pemerintah Daerah yang telah di jalankan.

“Bukan hanya membentuk jiwa yang baik tetapi lingkungan kita juga harus di jaga menjadi lingkungan yang berkualitas,” ujar nya.

 

Kebid P2P Dinkes Kaltara, Agus Suwandi melalui Kasi PTM Dinkes Kaltara, Zakiyah Machluddin menjelaskan, kesehatan kejiwaan berpengaruh terhadap banyak faktor, tidak hanya dari sudut pandang kesehatan, tapi juga dari sudut pandang biologis, sosial dan lingkungan.

“Maka tujuan di bentuk TPKJM ini yaitu untuk memfasilitasi masyarakat dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kesehatan kejiwaan,” tuturnya.

 

Zakiyah juga mengatakan terkait stigma di masyarakat untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sebenarnya itu bukan suatu kesalahan.

“Marilah kita jangan diskriminasi mereka yang terganggu kesehatan jiwanya, panggil lah mereka dengan baik dan sopan,” ujarnya.(ag)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top