Viral, Video Parodi Pelecehan Lagu Indonesia Raya

MALINAU,SWARAKALTARA.COM–Video parodi lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam 3 hari terakhir telah membuat publik heboh. Parodi yang melecehkan lagu kebangsaan tersebut memancing kemarahan banyak pihak. Video pelecehan  tersebut awalnya dibuat oleh akun MY Asean dan diunggah di YouTube. Pemilik akun diduga warga Malaysia karena menggunakan foto profil yang menampilkan bendera Negeri Jiran itu.

Video tersebut berjudul ‘Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics Video)’. Video memuat gambar ayam yang diduga Pancasila dengan latar warna merah putih ditambah dengan animasi dua anak yang terlihat sedang buang air kecil.

Reaksi keras muncul dari para netizen, pemerintah RI termasuk dari pemerintah Malaysia. Para netizen mengutuk pembuat dan pengunggah. Mereka juga meminta video tersebut direport karena jelas mengandung pelecehan. Kini video tersebut tak bisa lagi diakses dari akun di atas. Namun masih ada sejumlah akun yang menyimpan dan dan membagikan ulang di You Tube.

Pemerintah RI dan berbagai lembaga masyarakat turut mengecam pihak pembuat dan pengunggah video tersebut.

Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Indonesia pun lantas buka suara atas video pelecehan yang diunggah oleh pihak yang mengaku berasal dari Negeri Jiran tersebut.

Dalam pernyataan pers melalui akun Facebook, Kedubes Malaysia di Jakarta kini sudah mencatat video tersebut dan otoritas Malaysia sedang menyelidikinya.

“Kedutaan ingin menekankan bahwa pihak berwenang Malaysia sedang menyelidiki masalah tersebut. Jika ternyata video itu diunggah oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil berdasarkan hukum yang ada,” ujar pernyataan tersebut dikutip Selasa (29/12/2020). (nu/cnbci)

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top