2.440 Vial Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah telah mendistribusikan vaksin Covid-19 ke sejumlah daerah, termasuk di Malinau. Sebanyak 2.440 vial vaksin Covid-19 telah tiba pada Rabu Sore (27/1) di Gedung Instalasi Farmasi (IFK) Malinau.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malinau, Jhon Felix Rundupadang mengatakan, sesuai protap yang di tetapkan, Vaksin Covid-19 telah tiba dari Gudang Instalasi Farmasi Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara dengan pengawalan yang ketat dari pihak kepolisian.

“Setelah serah terima kemarin, kami  mendapatkan 2.440 vial vaksin Covid-19,” ujarnya kepada Swarakaltara.com, Kamis (28/1).

Ia menerangkan alokasi vaksin Covid-19 di Malinau pada tahap pertama akan di prioritaskan untuk 10 pejabat publik dan tenaga kesehatan (Nakes) untuk dua dosis pemberian.

“Nakes yang baru terdaftar di sistem informasi SDMK ada sekitar 1.131 yang akan menerima vaksin,” terangnyanya.

Menurut Jhon Felix untuk Nakes penerima vaksin akan ditambahkan ke sistem informasi tersebut, namun terbatas karena pelaksanaan vaksinasi akan di lakukan dua tahap.

“Tidak mungkin kita lakukan vaksinasi tanpa menjamin untuk tahap keduanya. Jadi kita harus mengatur vaksin yang telah diterima, terbagi menjadi dua tahap pemberian,” jelasnya.

Rencananya, pelaksanaan vaksinasi di Malinau akan mulai di gelar awal februari 2021 mendatang, di Puskesmas Malinau Kota.

“Untuk upaya preventif maka kita akan gelar vaksinasi di Puskesmas, tentu dengan fasilitas pendukung Puskesmas yang memadai,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *