Antisipasi Potensi Banjir, BPBD Malinau Imbau Warga Waspadai Daerah Dataran Rendah & Aliran Sungai

MALINAU, SWARAKALTARA.COM –  Menurut prakiraan cuaca dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tarakan, di perkirakan curah hujan yang tinggi dan angin kencang pada malam hari akan terjadi selama sepekan kedepan.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, Kepala BPBD Malinau, menghimbau agar masyarakat terutama yang berada di dataran rendah sepanjang daerah aliran sungai agar tetap waspada.

Warga di sepanjang DAS Malinau, Sesayap, Sempayang dan Sembuak yang biasa terdampak diharapkan tetap waspada memantau kondisi air sungai.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Malinau, Lenkan Baya menyebutkan pihaknya telah mengantisipasi potensi bencana alam diakibatkan kondisi cuaca ekstrem.

“Sebagai langkah antisipasi, kita akan terus siaga. Utama untuk kondisi curah hujan yang tinggi di Malinau akhir-akhir ini,” ujar nya kepada Swarakaltara.com, Jum’at (22/1/21).

Lenkan Baya mengatakan, jenis bencana alam yang sering ditangani BPBD Malinau ialah banjir di sejumlah dataran rendah dan daerah aliran Sungai.

“Yang biasa kita tangani itu banjir, sedangkan untuk bencana tanah longsor atau yang lainnya masih tergolong rendah,” ujarnya

Sebagai langkah pencegahan, tambah Lenkan Baya, pihaknya juga menjalin komunikasi dengan kelompok kerja (Pokja) masyarakat di wilayah rawan banjir di Kabupaten Malinau.

Ia meminta masyarakat untuk bekerjasama dan melaporkan jika terjadi bencana atau kejadian yang berpotensi bencana alam kepada BPBD Malinau.

BPBD Malinau menyiapkan kontak person di Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana agar masyarakat dapat menghubungi jika ada potensi bencana alam di sekitarnya.

081347653374 (Sapto) atau 082154143779 (Sherly).

“Masyarakat kami imbau agar tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini, mohon kerjasamanya untuk melaporkan jika ada potensi bencana di wilayahnya,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

Penyunting : Yunu WH

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top