Kepala Disperindag Malinau Hadiri Penandatanganan Komitmen PMA/PMDN Dengan UMKM Secara Virtual

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Tirusel Samuel Tipa Padan menghadiri secara virtual acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing) dan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) dengan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang di saksikan langsung oleh Presiden  Joko Widodo, Senin (18/1).

Dari Istana Negara, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kerjasama UMKM dengan pengusaha besar sangat penting agar dapat masuk dalam rantai produksi global.

“Agar meningkatkan peluang UMKM kita bisa naik kelas, yang mikro naik ke kelas yang kecil lalu yang kecil naik ke kelas menengah dan kelas menengah kita harapkan bisa naik kelas ke yang besar,” ungkap Presiden.

Joko Widodo berharap kerjasama UMKM dan pengusaha besar dapat berlangsung terus dan terjadi peningkatan nilai kontrak serta cakupannya.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM),  Bahlil Lahadalia menyampaikan, tahap awal penandatanganan komitmen kerjasama kemitraan antara perusahaan PMA-PMDN dengan UMKM bernilai Rp1,5 Triliun dan akan terus berlanjut kedepannya.

“Semoga program ini bisa terus kita jalankan. Jika ada yang lapor-lapor BKPM sekarang agak sedikit kejam dengan perusahaan, semua itu kita lakukan demi pemerataan,” jelas Bahlil.

Program kemitraan  melibatkan 56 usaha besar yang terdiri dari 29 PMA dan 27 PMDN, dengan 196 UMKM dari seluruh wilayah di Indonesia. Masuknya investasi ke Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional di masa pandemi Covid-19.

Reporter : Abdul Gani

Penyunting :  Yunu WH

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *