KKI Warsi Bersama Desa Long Pada Bangun SID, Sajikan Informasi Desa Berbasis Digital

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pada tahun 2021 setiap desa di  Malinau, akan didorong untuk mengelola informasi desa berbasis digital. Melalui penerapan teknologi informasi.  Seperti yang dirintis di Desa Long Pada Kecamatan Sungai Tubu oleh  Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mengapresiasi program tersebut. Desa Long Pada diharapkan dapat menjadi role model atau contoh bagi Desa lainnya dalam penyajian data secara digital

Program Manager dan Pemberdayaan KKI Warsi, Yulqari mengatakan, KKI Warsi fokus bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat yang hidup di sekitar kawasan hutan.

“Melalui SID kita ingin memudahkan masyarakat yang punya keterbatasan terkait akses transportasi, data dan lainnya,” ujar Yulqari kepada Swarakaltara.com, Kamis (14/1) usai kegiatan konsultasi publik bersama Kepala-kepala Desa di Malinau.

Yulqari mengaapresiasi sikap Kepala Desa Long Pada, Faridan Liweh  yang mempunyai visi dan motivasi  untuk pembangunan desanya agar lebih maju. Maka dibuatlah Sistem Informasi Desa untuk memudahkan masyarakat untuk membangun dan memiliki data yang lengkap terkait kependudukan dan sosial.

“Sistem informasi ini memudahkan masyarakat Desa agar tidak terjadi salah data kependudukan seperti untuk memiliki KTP dan KK serta memudahkan dalam akses pendidikan,”  ungkaapnya.

SID ini hadir dalam bentuk website dan telah dikelola secara mandiri oleh masyarakat Desa Long Pada. Menyajikaam  batas wilayah, jumlah penduduk hingga informasi rinci berkaitan data sumber daya alam dan potensi desa lainnya.

“SID ini di bangun dari swadaya masyarakat Desa Long Pada sendiri, KKI Warsi dalam hal ini hanya memfasilitasi terkait keterampilan dan pendampingan,” tutur Yulqari.

Reporter : Abdul Gani

Penyunting Yunu WH

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top