Labkesda Jadi Kluster Baru Covid 19

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM–Kasus Covid-19 di Nunukan dipetakan menjadi beberapa  kluster. Yaitu, kluster Gowa, Langap, Sukabumi, Temboro, FKUB, Tonpam, kluster Keluarga, Kemenag, PMI , Perkantoran dan kluster PT MIP.

Kluster perusahaan tambang PT. Mandiri Inti Perkasa (MIP) menempati rank penularan tertinggi untuk kluster Covid-19 di Nunukan dengan persentase sekitar 46,40 %, disusul kluster keluarga dengan jumlah 13,71 %, sedangkan kuster lainnya sebesar 23,27 %.

Memprihatinkan, selain kluster tersebut, keemudian muncul kluster baru, yaitu kluster Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

‘’Kita menemukan adanya penularan di Labkesda, ada sekitar 7 orang staf di kantor tersebut yang terpapa,” ungkap Aris.

Sebenarnya, lanjut Aris, kluster ini bisa saja dimasukkan dalam kluster perkantoran, namun istilah tersebut terlalu umum sehingga untuk memudahkan penindakan, Satgas kemudian mengerucutkan penamaan kluster, dengan memisahkan kluster Labkesda secara tersendiri.

Sampai 9 Januari 2021, Satgas Covid-19 Nunukan mencatatkan temuan 105 kasus konfirmasi, sementara jumlah akumulasi kasus Covid-19 tercatat sebanyak 722 kasus. Sebanyak 185 pasien sembuh dan 7 kasus kematian akibat Corona Virus Disease 2019.

Kondisi ruang isolasi dan perawatan di RSUD Nunukan juga bertambah.  Data Satgas Covid-19 Nunukan menunjukan, ruang isolasi dengan kapasitas 95 pasien kini terisi 86 pasien, ruang perawatan suspeck terisi 35 pasien dari kapasitas 45 orang. Ruang ICU suspeck dari kapasitas 5 pasien terisi 5, dan ruang ICU Covid-19, dari kapasitas 4 pasien terisi 2 orang pasien.

Reporter : Viq

Editor : Yunu WH

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top