PMD  Gandeng KKI Warsi Gelar Konsultasi Publik, Pengembangan Sistem Informasi Desa

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Malinau dan Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi mengadakan konsultasi publik untuk pengembangan pembangunan Sistem Informasi Desa (SID). Kegiatan konsultasi berlangsung di Ruang Laga Feratu, Pemda Malinau, Kamis (14/1).

SID  dirancang untuk menjadi alat dukung pelayanan di kantor desa. Berfungsi untuk  administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, inventarisir aset kantor desa, inventarisir sarana prasarana di desa, pengelolaan anggaran desa, dan layanan publi.

SID merupakan bentuk program desa secara berkelanjutan untuk mewujudkan pembangunan Desa yang tepat guna, tepat sasaran, tepat teknologi dan merata.

Konsultasi Publik bertujuan untuk pembelajaran dan mendapat dukungan membangun program SID, sebagai basis data dalam penyusunan pembangunan Desa.

Saat ini, Sistem Informasi Desa yang telah berjalan ialah Sistem Informasi Desa Long Pada, Kecamatan Sungai Tubu, Kabupaten Malinau.

Kepala Desa Long Pada, Faridan Liweh mengatakan bahwa  pihak desa saat ini sudah bisa menjalankan aplikasinya dan akan tetap konsisten meningkatkan SID.

“Dengan SID ini, semua masyarakat baik yang ada di dalam maupun di luar daerah, dapat melihat semua kegiatan yang telah kami lakukan,”  ungkpanya.

Reporter.   : Abdul Gani

Penyunting : Yunu WH

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top