Vaksinasi Covid-19 Serentak Pada 14 Januari

MALINAU, SWARAKALTARA.COM –  Vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan serentak pada 14 Januari mendatang. Pelaksanaan akan digelar di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) yang direkomendasikan Dinas Kesehatan kabupaten/kota.

“Jumlahnya sebanyak 80 faskes yang direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan kabupaten/kota,” kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kaltara, Agus Suwandy, saat simulasi Vaksinasi Covid Tahap 1 yang digelar di Puskesmas Tanjung Selor, Selasa (12/1).

Tahapan  standar operasional prosedur (SOP) sebelum pemberian vaksin meliputi; pertama,  registrasi atau pendataan calon penerima vaksin.

“Jika dia nakes, akan disesuaikan dengan data SDM Nakes (Sistem Informasi SDN Kesehatan),” kata Agus.

Kedua, skrining kesehatan calon penerima vaksin. Pada tahap ini penerima vaksin akan diperiksa tekanan darah dan wawancara riwayat penyakit. “Tahap ini adalah penentu apakah penerima vaksin memenuhi syarat divaksin atau tidak,” jelas Agus.

 

Jika memenuhi syarat, tahap berikutnya adalah pemberian vaksin. Setelah diberikan vaksin, penerima akan dilakukan pencatatan pelaporan oleh petugas sebelum kemudian menerima kartu vaksinasi sebagai bukti telah menerima vaksin dari petugas.

Untuk diketahui, tanggal 5 Januari 2021, sebanyak 10.680 vial (dosis) vaksin Covid-19 telah tiba di Gudang Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Utara (Kaltara) di Tanjung Selor.

Kepala Dinas Kesehatan Malinau, Jhon Felix mengatakan yang akan di berikan vaksin di Malinau tidak hanya tenaga kesehatan, tapi semua orang yang bekerja di bidang Kesehatan.

“Vaksinasi tidak hanya tenaga kesehatan yang diberikan, tapi orang-orang yang bekerja di faskes seperti petugas kebersihan itu juga kita berikan,” jelas Jhon Felix kepada Swarakaltara.com.

Reporter.  : Abdul Gani

Penyunting : Yunu WH

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *