6 Prioritas Pembangunan dalam RKPD 2022

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 yang diarahkan untuk percepatan pemulihan sosial ekonomi memuat 6 prioritas daerah.

Kepala Bappeda Malinau, Kristian mengatakan 6 prioritas tersebut merupakan agenda pembangunan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2022 mendatang.

Prioritas pembangunan Kabupaten Malinau 2022 itu meliputi;
1. Pengurangan tingkat kemiskinan dan pengangguran.
2. Penguatan potensi lokal untuk percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.
3. Meningkatkan kualitas SDM yang berdaya saing.
4. Pemerataan kualitas dan kuantitas infrastruktur.
5. Meningkatnya kualitas dan kelestarian lingkungan hidup.
6. Reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

“Untuk secara umum fokus RKPD 2022 ialah peningkatan dan penguatan ekonomi masyarakat,” jelasnya dalam pembukaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Malinau 2022, Senin (22/2/21).

Kristian mengatakan RKPD 2022 memang diarahkan untuk percepatan pemulihan sosial ekonomi. Langkah itu diambil untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, terlebih meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran di Malinau.

“Dampak lainnya adalah berkurangnya pembiayaan pembangunan 2021 akibat pengalihan pembiayaan ke Covid-19,” jelasnya.

Kristian menjelaskan, forum konsultasi ini ialah untuk menyerap masukan, pendapat dan saran terkait Rancangan Awal (Ranwal), karna proses RKPD 2022 tahapannya masih panjang.

“Setelah kita mendapatkan masukan dan saran dari berbagai pihak, kita diskusikan dalam forum bersama OPD terkait,” ucap Kristian.

Setelah kegiatan forum konsultasi publik, Kristian menerangkan, pihaknya akan jadwalkan diskusi bersama forum OPD di tanggal 3 – 5 Maret 2021, kemudian kegiatan Musrenbang pada 31 Maret 2021.

“Jika sudah sampai tahap Musrenbang, kita memadukan rancangan awal dan usulan masyarakat yang telah kita terima,” tutur Kristian.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Bupati Malinau, Topan Amrullah secara resmi membuka kegiatan forum konsultasi Publik untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD 2022.

Forum yang diselenggarakan oleh Bappeda ini bertujuan untuk menyampaikan informasi arah prioritas pembangunan daerah satu tahun ke depan kepada seluruh pemangku kepentingan.

Reporter Abdul Gani

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top