DPMD Malinau Lakukan Persiapan Pelaksanaan Pilkades 2021

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades)  serentak tahun 2021 di Kabupaten Malinau sedang dalam tahap persiapan..

Kepala Dinas PMD Malinau, Padan Impung mengatakan rencananya pemungutan suara akan digelar pada Minggu ke dua bulan Juni 2021.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malinau, dari 109 desa di Malinau ada 14 desa yang akan menggelar Pilkades serentak.

“Sesuai jadwal, rencananya pemungutan suara akan digelar minggu ke dua bulan Juni 2021. Saat ini tahapannya masih persiapan panitia,” ujarnya kepada Swarakaltara.com.

Padan Impung mengatakan, 14 Desa yang akan menyelenggarakan Pilkades tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Malinau.

Rencananya, tahap penjaringan bakal calon dimulai pada bulan Maret 2021.

Terkait tahapan saat ini, Ia menjelaskan pihaknya tengah merampungkan persiapan di tingkat desa guna persiapan pembentukan panitia pemilihan dan pendaftaran bakal calon.

“Kami sudah rapat di kecamatan, masih dalam tahap persiapan, pembentukan panitia, dan pengumuman pendaftaran bakal calon Pilkades,” ungkapnya.

Berbeda pada saat Pilkades sebelumnya, Padan Impung menambahkan, mekanisme pemilihan nantinya akan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19.

“Mekanisme Pilkades 2021 akan mengacu pada Peraturan Bupati Malinau dan akan menyesuaikan dengan prosedur bencana non alam Covid-19,” imbuhnya.

Padan Impung menerangkan, tidak hanya pemungutan suara, nanti seluruh tahapan, mulai persiapan sampai penetapan harus sesuai protokol kesehatan Covid-19.

“Harapan bersama, seluruh tahapan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal,” katanya.

Saat ini, Pilkades 2021 Malinau sedang memasuki tahapan persiapan, meliputi pembentukan panitia pemilihan di tingkat Desa dan RT.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top