KPUC Minta Maaf, Siap Tangani Dampak Pencemaran

Foto:  Irwansyah Wakil Manajemen KPUC Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM—Manajemen  PT Kayan Putra Utama Coal (KPUC) menyampaikan permintaan maaf pada masyarakat Malinau atas jebolnya kolam limbah Tuyak yang menyebabkan pencemaran Sungai Malinau dan Sesayap pada Senin hingga Rabu (8-10/2). Permintaan maaf disampaikan melalui Perwakilan Manajemen KPUC Kantor Malinau, Irwansyah, melalui media pada Kamis (11/2).

“Saya mewakili manajemen KPUC khususnya yang di Batulidung meminta maaf yang sebesar-besarnya,” kata Irwansyah.

Berkaitan dengan dampak yang terjadi,  Irwansyah menyatakan pihaknya bertanggung jawab. Untuk menangani krisis air Irwansyah mengatakan pihaknya sejak hari Rabu (10/2) sudah menyiapkan mobil tenki untuk suplai air dari PDAM ke masyarakat.

“Sejak kemarin (Rabu, 10/2) kami siapkan mobil tanki untuk suplai air bersih. Hari ini kami tambah  1 unit. PDAM hari ini sudah mengalir. Tapi yang di Sempayang dan sekitarnya belum,” ungkap Irwansyah

Tak hanya terfokus pada mobil perusahaan, Irwansyah pun mempersilahkan masyarakat yang memiliki mobil tanki mengambil air ke PDAM. Atau khususnya masyarakat Batulidung dan sekitarnya yang memerlukan air minum dapat langsung mengambil ke depot milik KPUC. BBM untuk mobil penyuplai air bersih akan ditanggung oleh KPUC.

Terkait dengan tuntutan masyarakat, Irwansyah mengatakan pihaknya sudah mendata tuntutan-tuntutan itu. Tuntutan-tuntutan tersebut akan diperhatikan dan dikoordinasikan kemudian setelah penanganan masalah yang mendesak selesai. Saat ini pihaknya fokus pada penanganan air bersih dan penanganan di lokasi tambang.

“Pemulihan kekayaan ekosistem, penaburan benih ikan akan kami jalankan. Nanti kita saksikan bersama-sama,” imbuhnya.

Sementara itu,  terkait dengan penyebab jebolnya tangggul Tuyak, Irwansyah mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui secara pasti.

“Kami manajemeni di Batulidung fokus pada penanganan di bawah. Tapi itu sekarang sedang ditangani tim,” ucapnya.

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *