Home Post Puluhan Jurnalis Nunukan Deklarasikan FKWN, Wadah Insan Pers di Perbatasan RI – Malaysia

Puluhan Jurnalis Nunukan Deklarasikan FKWN, Wadah Insan Pers di Perbatasan RI – Malaysia

by swarakaltara

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Puluhan jurnalis berbagai media online, TV dan surat kabar di perbatasan RI – Malaysia, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, membentuk sebuah wadah untuk kebersamaan dan berkarya dalam bidang pemberitaan.

Wadah tersebut diberi nama Forum Komunikasi Wartawan Nunukan (FKWN). Forum tersebut dibentuk sebagai jawaban kegelisahan insan pers yang belum memiliki tempat untuk bernaung, mengakomodir segala bentuk keluhan juga sebagai lumbung aspirasi.

‘’Di FKWN, semua berbaur, saling pererat silaturahmi dan sama sama mendukung satu sama lain dalam memberitakan fakta yang terjadi di lapangan,’’ujar Ketua FKWN Fadly Wirakusuma, Minggu (21/2/2021).

FKWN bukan sebuah perkumpulan yang mengakomodir kepentingan segelintir orang, melainkan menjadi rumah bagi insan pers di Nunukan.
Bermula dari FKWN, semua jurnalis akan menuangkan ide dan gagasan mereka, bagaimana untuk sama sama meningkatkan skill individu juga wawasan dalam dunia dan etika jurnalistik.

Bagaimana mendorong anggota FKWN mendapat sertifikasi dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) maupun Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ).

‘’Di sinilah kita akan maju bersama, kita menjadi satu, menghargai perbedaan dan menghormati independensi rekan jurnalis, anggota kita tidak terbatas pada satu organisasi wartawan, tapi semua ada disini, entah itu PWI, AJI maupun IJTI ataupun organisasi wartawan lain,’’tegasnya.

Sejumlah program sudah disusun oleh FKWN yang dibentuk 21 Februari 2021 di gedung milik rakyat, DPRD Nunukan ini.

FKWN akan menjadi solusi permasalahan masyarakat, FKWN juga akan bergerak di bidang social dan mengedukasi dengan sejumlah kegiatan yang telah menjadi kesepakatan bersama.

‘’FKWN akan menjadi penyambung lidah warga perbatasan, dan akan mengontrol kinerja pemerintahan dengan kritis dan memberikan solusi, itu harapan semua yang ada di FKWN,’’kata Fadly. (Viq).

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00