Usai Dilantik Sebagai Wakil Gubernur Kaltara, Wabup Malinau Ungkap Sosok Yansen Tipa Padan

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Presiden Joko Widodo secara resmi telah melantik Gubernur-Wakil Gubernur terpilih Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. Zainal Arifin Paliwang dan Dr. Yansen TP M.Si di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/2/21).

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor 19/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara masa jabatan 2021-2024.

Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kepada Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP.

Wakil Bupati, Topan Amrullah mengatakan, sebagai masyarakat Kabupaten Malinau sangat berbangga hati karna Bupati kita telah resmi menjadi Wakil Gubernur Kalimantan Utara.

Topan Amrullah juga mengungkapkan sosok dari Wakil Gubernur Kaltara yang baru di lantik, Dr Yansen Tipa Padan yang selama dua periode bersama-sama memimpin Kabupaten Malinau.

Topan Amrullah menilai Yansen Tipa Padan sebagai sosok yang visioner, kreatif dan penuh Inovasi.

“Yang jelas beliau itu orangnya visioner, kreatif dan inovatif. Itu bisa kita lihat dan buktikan dari berjalannya 10 tahun kami memimpin Malinau,” ucapnya kepada Swarakaltara.com, Selasa (16/2/21).

Ia menjelaskan, sosok Dr.Yansen TP saat memimpin Malinau di periode pertama, ia memprioritaskan pembangunan Desa dengan memberdayakan seluruh masyarakat Desa dan memberikan kesempatan masyarakat Desa untuk membangun Desanya masing-masing.

Pada periode kedua, tambah Topan, dengan kreativitas dan inovasi beliau juga, program-program daerah mengalami peningkatan menjadi program komunal atau milik rakyat.

“Jadi, jika ada program Desa yang belum tersentuh secara keseluruhan karna banyaknya Desa dan terkendala akses serta sumber daya, maka dengan program komunal RT Bersih misalnya, itu dapat menjangkau di tingkat bawah,” jelas Topan.

Topan Amrullah menambahkan, tentu kita melihat program yang diusung dari Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara yang baru saja dilantik yaitu memberdayakan masyarakat Desa.

“Melalui programnya diharapkan semua masyarakat Desa di Provinsi Kaltara akan diberdayakan secara keseluruhan,” ujar Dr.Topan Amrullah.

Jadi, program dari rakyat untuk rakyat yang telah dibangun bersama oleh Dr.Yansen TP selama memimpin Kabupaten Malinau dua periode, Wabup Malinau berharap juga akan diaplikasikan untuk seluruh Desa dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Utara.

“Sehinga kemajuan yang telah kita capai di Kabupaten Malinau ini juga bisa dirasakan oleh daerah lainnya,” imbuh Topan.

Menurutnya, dengan di lantiknya Dr.Yansen Tipa Padan sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Utara bersama Zainal A. Paliwang sebagai Gubernur, apa yang sudah di bangun di Malinau nanti akan di terapkan di Kabupaten/Kota lainnya.

Reporter : Abdul Gani

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top