Wakil Bupati Malinau Ikuti Entry Meeting Bersama BPK RI

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Wakil Bupati Malinau, Topan Amrullah mengikuti Kegiatan Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara, melalui Video Conference, Senin (01/02).

Wakil Bupati (Wabup) didampingi Sekretaris Daerah Ernes Silvanus dan Asisten III Tan Irang serta OPD terkait.

Kepala BPK Perwakilan Kalimantan Utara, Agus Supriyono pada acara tersebut  menyampaikan bahwa pemeriksaan pengelolaan keuangan dilaksanakan dalam rangka memberikan opini tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), yang diberikan BPK dengan didasarkan pada empat kriteria. Yaitu, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Pemeriksaan atas LKPD  merupakan pemeriksaan yang bersifat mandatory bagi BPK dan pemeriksaan interim merupakan rangkaian dari pemeriksaan LKPD TA 2020.

Topan Amrullah, Wakil Bupati Malinau menyebutkan, bahwa pihaknya sangat siap menyambut tim dari BPK terkait pemeriksaan interim LKPD TA 2020.

“Kami telah mempersiapkan seluruh dokumen yang nantinya akan diminta oleh tim BPK perwakilan Kaltara,” ujarnya kepada Swarakaltara.com.

Topan Amrullah mengaku bangga karna Malinau meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 6 kali berturut-turut. Ia berharap, pada pemeriksaan Tahun Anggaran 2020 dapat memperoleh Opini WTP kembali.

Reporter Abdul Gani

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top