Diduga Akibat Korsleting Listrik, 2 Rumah Ludes Terbakar

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Kebakaran telah terjadi di kawasan permukiman warga RT.19 Desa Malinau Kota, Jalan Hauling BDMS, Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Kejadian tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 21:50 Wita, Minggu (7/3/21).

Menurut Keterangan saksi mata, api berasal dari instalasi listrik kamar mandi di area dapur rumah.

Kepala Seksi Pelatihan dan Pemberdayaan Pemadam Kebakaran Kabupaten Malinau, Alfius PB mengatakan pihaknya menerima informasi tersebut sekira pukul 22:12 Wita.

“Kami dapat laporan pukul 22:12 Wita, dan tiba di lokasi kejadian pukul 22:17 Wita. Saat armada tiba, api sudah membesar,” ujarnya.

Berdasarkan penjelasan warga di lokasi kejadian, sebelumnya, listrik di wilayah permukiman tersebut sempat padam dan kobaran api berasal dari sebuah rumah milik warga sesaat setelah listrik kembali dinyalakan di wilayah tersebut.

Pada saat petugas Damkar tiba di lokasi, kobaran api telah membesar dan melahap dua rumah warga di lokasi kejadian.

Alfius mengatakan, api berasal dari bagian belakang atau daerah dapur rumah dan diduga akibat korsleting listrik, namun belum dapat dipastikan karna masih menunggu proses penyelidikan dari pihak Kepolisian.

Dua buah rumah ludes dilahap si jago merah dalam insiden dan tidak ada korban jiwa dilaporkan dalam kejadian tersebut.

Dua bangunan yang terbakar adalah sebuah rumah sewa tinggal dan rumah kios sembako. Kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Reaksi cepat Damkar berhasil memadamkan kebakaran sebelum merambat ke rumah yang letaknya berdempetan di lokasi kejadian.

“Karena api sudah terlanjur membesar, memakan waktu untuk memadamkannya. Api berhasi kami padamkan pukul 23:10 Wita,” jelasnya.

Sebanyak 51 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut.

Reporter Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *