Home KaltaraMalinau Ketua KPU Malinau, Bantah Informasi terkait PAW Komisioner

Ketua KPU Malinau, Bantah Informasi terkait PAW Komisioner

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malinau, Lasinias mengatakan, bahwa tidak ada anggota komisionernya yang akan diganti atau penggantian antar waktu (PAW).

Hal itu disampaikan menyusul informasi terkait, satu dari 5 komisioner KPU Malinau yang tidak dapat menjalankan tugas secara optimal.

Lasinias mengakui seorang Komisioner KPU Malinau, Bidang Data dan Informasi, Eltan Musa dikabarkan sedang dalam proses pemulihan dan sedang menjalani perawatan karena kondisi kesehatannya terganggu.

“Komisioner kami, Eltan Musa memang sedang menjalani perawatan karena sedang sakit. Soal informasi dan wacana PAW itu sama sekali tidak benar,” ujarnya, Sabtu (20/3/21).

Berdasarkan UU 11/2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, anggota KPU diberhentikan jika tidak menjalankan tugasnya 3 bulan secara berturut-turut, atau tidak menghadiri rapat pleno 3 kali berturut-turut tanpa alasan yang jelas.

Seusai pelaksanaan Debat Publik Pilkada 2020 lalu, Eltan Musa tidak dapat menjalankan tugasnya dengan optimal karena sakit.

“Jadi alasannya jelas, beliau belum dapat menjalankan tugasnya karena sakit stroke,” ujarnya.

Terhitung sejak waktu tersebut hingga hari ini, Pimpinan KPU Malinau diisi oleh 4 orang Komisioner.

“Memang berdasarkan aturan, penggantian dilakukan jika komisioner tidak menjalankan tugasnya selama 3 bulan berturut-turut. Tapi beliau berhalangan karena sakit,” katanya.

Lasinias menilai, komisionernya berhalangan menjalankan tugasnya karena alasan yang jelas, karena kondisi kesehatan.

“Syukurlah kondisinya saat ini semakin membaik, kita doakan dalam waktu dekat beliau bisa bertugas seperti biasa,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00