Pemkab Malinau Dukung Revitalisasi Program Keamanan Pangan Terpadu

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Plt. Bupati Malinau, yang diwakili oleh Asissten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kristian Muned, mengikuti secara virtual Kick Off Program Keamanan Pangan Terpadu Kabupaten/Kota Pangan Aman.

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Intulun, Lt. II, Pemda Malinau, Selasa (16/3/21).

Kepala BPOM Deputi III, Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Rita Endang dalam sambutannya mengatakan, melalui UU 18 Tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan, bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama, pemenuhan pangan tersebut mencakupi kecukupan gizi, mutu dan keamanan pangan.

Dalam hal ini, menurutnya, pemerintah daerah menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keamanan pangan.

Ia juga mendorong program prioritas nasional ini harus direvitalisasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya dan meningkatkan komitmen daerah untuk melindungi masyarakatnya melalui keamanan pangan.

“Untuk itu, menjaga ketahanan dan pemenuhan keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama,” ujar Kristian Muned usai mengikuti kegiatan.

Oleh karena itu, urainya, untuk mewujudkan keamanan pangan perlu dilakukan melalui 3 pilar keamanan pangan, yakni Pemerintah Daerah, pelaku usaha dan masyarakat.

“Melalui program keamanan pangan terpadu di Kabupaten/Kota, diharapkan pemenuhan dan keamanan pangan yang merupakan bagian dari hak masyarakat dan diatur Undang-undang dapat tercapai,” ujarnya.

Program yang diinisiasi oleh Badan POM RI tersebut juga diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pemulihan perekonomian masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *