Pemprov Kaltara Alokasikan Rp 250 Juta Untuk Bantuan Korban Kebakaran Pasar Lama Nunukan

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara mengalokasikan bantuan tunai sebesar Rp25 juta untuk korban kebakaran Pasar Lama Nunukan.

Bantuan secara simbolis diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

Sebanyak 19 Kepala Keluarga (KK) telah menerima santunan yang bersumber dari APBD Provinsi dari belanja tak terduga tersebut.

Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Kaltara Jhoni Ramadansyah S.Sos mengatakan, ada nominal berbeda yang diberikan.

‘’Untuk pemilik rumah Rp 10 juta, untuk penyewa Rp 5 juta demikian juga untuk yang numpang tinggal semisal anak atau yang memiliki KK berbeda,’’ujarnya, Kamis (25/3/2021).

Data penerima bantuan tunai dari Gubernur Kaltara tercatat sebanyak 31 KK, dengan rincian , sebanyak 15 KK untuk warga Kelurahan Nunukan Barat, dan sebanyak 16 KK untuk kelurahan Nunukan Utara.

Selain bantuan tunai dari Pemprov Kaltara, korban eks kebakaran Pasar Lama juga mendapat bantuan dari Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial berupa peralatan masak dan perlengkatan tidur.

Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berupa Sembako.

Kebakaran terjadi di Jalan Bahari di kawasan Pasar Lama Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Selasa (23/3/2021), sekitar pukul 01.30 wita.

Kawasan padat penduduk yang terletak di tengah kota ini, menjadi salah satu areal pertokoan dan pusat ekonomi masyarakat setempat.

Data Kepolisian Nunukan mencatatkan sebanyak 19 bangunan terdiri dari rumah, gudang dan Ruko ludes dilahap di jago merah. Asumsi kerugian diperkirakan mencapai Rp 10 miliar.

Sampai saat ini, Polisi masih mendalami penyebab kebakaran. Polisi juga sudah menurunkan tim Inafis (Indonesia Automatic Fingerprint Identification System), untuk memastikan issue dan sejumlah laporan yang masuk.

Reporter : Viq

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *