Pemprov Kaltara Dorong Produk Brand UMKM Malinau, Dapat Bersaing Secara Nasional

BULUNGAN, SWARAKALTARA.COM – Dalam upaya pemulihan ekonomi di era pandemi Covid-19, Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk menggunakan produk dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Bertepatan dengan Event Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) ke- 1 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, juga menjadi ajang untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di Kaltara. Salah satu nya brand produk dari UMKM Kabupaten Malinau.

Sulowati Hadi, Ketua UMKM Malinau mengatakan, dalam kegiatan kali ini, sekira 20 orang para pelaku UMKM yang ikut mempromosikan produk-produknya, diantaranya ada produk Batik, kerajinan rotan, manik-manik, dan jajanan olahan khas dari Malinau.

“Disini kita juga promosi kan produk unggulan kopi khas dari Malinau, artinya langsung hasil nya dari petani, di kelola dan dikemas di Malinau sehingga menarik dan yang pasti berbeda dengan produk kopi di tempat lainnya,” ujarnya, Selasa (30/3/2021).

Sulowati Hadi juga mengungkapkan rasa terima kasih nya kepada Bupati Malinau, Topan Amrullah serta pihak sponsor yang telah mendukung para pelaku UMKM Malinau dalam kegiatan tersebut.

Dalam rangkaian kegiatan Pelantikan Ketua KORMI dan penyelenggaraan acara Festival Olahraga (Forda) perdana, juga merupakan momentum bagi UMKM khususnya di Kalimantan Utara, untuk meningkatkan branding produknya untuk menarik para pembeli.

Ketua TP PKK Kalimantan Utara, Rachmawati Zainal A. Paliwang yang hadir dalam kegiatan tersebut, juga berkunjung ke stand-stand produk UMKM. Ia mengaku sangat antusias dan bangga atas kreatifitas para pelaku UMKM di Kalimantan Utara.

Dia juga memberi masukan, agar semua brand-brand yang sudah ada, contohnya di Kabupaten Malinau harus menambahkan nama Kaltara atau identitas daerah nya.

Menurutnya, terkadang orang-orang dari luar daerah, masih banyak yang tidak tahu Kabupaten Malinau tempat nya dimana.

“Orang banyak yang belum tahu Malinau itu ada dimana, Jadi baiknya buat branding produk yang juga mempromosikan daerah nya,” pungkasnya.

Ia juga berharap semoga dengan kegiatan ini, dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi melalui sektor UMKM. Kedepan, semoga dengan perkembangan dan peningkatan produk yang berkualitas, para pelaku UMKM di Kaltara dapat bersaing secara Nasional.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *