Home KaltaraMalinau Program Kewirausahaan, Agar Masa Pensiun ASN Tetap Menjadi Produktif

Program Kewirausahaan, Agar Masa Pensiun ASN Tetap Menjadi Produktif

by swarakaltara

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – PT Taspen Kantor Cabang Tarakan,(18/3) lalu, telah menggelar sosialisasi Ketaspenan pengurusan pensiun pertama dan kewirausahaan bagi ASN yang akan memasuki batas usia pensiun tahun 2021-2023 di Malinau.

Mendekati batas usia pensiun (BUP) Aparatur Sipil Negara di Malinau didorong untuk memanfaatkan dana kewiraushaaan.

Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Malinau, Tan Irang mengatakan, program ini ditujukan untuk menjadikan masa pensiun lebih produktif, dan dapat berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi di daerah.

“Ada program kewirausahaan dari Taspen. Selain menjadikan masa pensiun produktif juga berdampak langsung terhadap perekonomian daerah,” ujarnya.

Tan Irang menjelaskan, bentuk program wirausaha dapat berapa pinjaman modal usaha yang dikhususkan bagi ASN yang akan memasuki usia purnabakti.

Program kewirausahaan merupakan satu dari sekian program Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) yang dikelola PT Taspen Persero.

Program tersebut menurutnya, dapat menghidupkan perekonomian daerah dan membuka lapangan pekerjaan di daerah.

“Bagi ASN yang mendekati BUP difasilitasi pinjaman modal. Bisa untuk buka usaha, selain menghidupkan perekonomian juga membuka lapangan pekerjaan,” ucapnya, Sabtu (20/3/21).

Inisiatif tersebut, sepenuhnya diserahkan kepada ASN untuk memanfaatkan fasilitas program.

Sehingga di usia tua, masa purnabakti pensiunan ASN menjadi tetap produktif dan berkontribusi untuk mendukung perekonomian daerah.

“Sepenuhnya kita serahkan kepada mereka (ASN), tapi alangkah baiknya program ini dimanfaatkan. Supaya di usia tua mereka masih dapat berkontribusi,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

Postingan Terkait

Tinggalkan Komentar

Kontak

© 2023 Swara Kaltara | All Rights Reserved