Program PTSL 2021, ATR/BPN Sasar 7 Desa di Kabupaten Malinau

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Kepala Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Malinau mengatakan, dalam tahun anggaran 2021 menargetkan 7 desa di Kabupaten Malinau yang jadi sasaran penerbitan sertifikat.

PTSL merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua objek pendaftaran tanah di wilayah desa/kelurahan.

“7 desa tersebut telah ditetapkan sebagai lokasi percepatan pelaksanaan PTSL 2021,” kata Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Malinau, Lena Purnama Sari saat ditemui Swarakaltara.com, Senin (29/3/21).

Lena Purnama Sari menjelaskan, Desa-desa tersebut tersebar di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Malinau Selatan, Malinau Barat dan Mentarang. 7 Desa diantaranya ialah Desa Laban Nyarit, Long Loreh, Sengayan, Taras, Sentaban, Lidung Kemenci, dan Desa Wisata Pulau Sapi.

Lena Purnama Sari berharap, Program PTSL di Tahun 2021, dapat berjalan lancar dan sukses. Sehingga target Presiden Joko Widodo di tahun 2025 seluruh bidang tanah Indonesia sudah bersertifikat.

Pihak ATR/BPN Malinau menyebutkan, saat ini pihaknya telah melakukan pendataan objek pendaftaran di 7 desa tersebut.

“Untuk mewujudkannya, harus ada komitmen bersama dari pihak Kepala desa di masing-masing wilayahnya,” ujar Lena.

Pihak BPN Malinau juga berkoordinasi dengan Kepala- kepala Desa yang bersangkutan, agar terlebih dahulu memahami aturan penyelenggaraan PTSL. Sehingga dalam pelaksanaanya dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Kedepan, dengan tersertifikatnya seluruh bidang tanah di Malinau, Kepala Kantor BPN Malinau itu yakin, tidak ada konflik atau sengketa kepemilikan tanah yang terjadi di Kabupaten Malinau.

Menurutnya, selain menjamin kepastian hukum bagi pemiliknya, program tersebut juga diperuntukkan dalam rangka merangsang pertumbuhan ekonomi daerah.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *