Tingkatkan Hasil Pertanian, Para Inovator Malinau Ciptakan Alat Teknologi Tepat Guna

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Melalui Permendes 23 Tahun 2017 tentang pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan sumber daya alam di Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malinau mengadakan lomba inovasi teknologi tepat guna Tahun 2021.

Kegiatan lomba gelar teknologi tepat guna dilaksanakan, Kamis (18/3/21) di Panggung Padan Liu’ Burung, Prosehat Malinau. Serta diikuti dari berbagai kalangan masyarakat, baik dari mahasiswa maupun umum.

Kepala DPMD Malinau, Padan Impung mengatakan, melalui lomba teknologi tepat guna kita optimalkan potensi sumber daya di Desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Adapun alat yang dilombakan pada kegiatan gelar teknologi tepat guna tersebut berjumlah 7 alat pertanian dan 2 alat metode pemanfaatan limbah.

“Dari beberapa alat yang dilombakan, juga sudah ada yang terjual dan telah digunakan oleh masyarakat,” ujar Padan Impung, Jum’at (19/3).

Padan Impung memaparkan, kegiatan lomba tersebut juga bertujuan untuk menyeleksi teknologi inovasi yang akan mewakili Kabupaten Malinau dalam lomba gelar teknologi tepat guna di tingkat Provinsi Kaltara pada Bulan April mendatang.

“Kegiatan ini juga sebagai langkah untuk memotivasi para inovator Malinau, untuk lebih mengembangkan alat TTG yang telah mereka ciptakan, sebagai peningkatan ekonomi masyarakat Desa,” ucapnya.

Kedepan, jelas Padan Impung, melalui kegiatan TTG tersebut, akan mewujudkan kerjasama pemerintah Provinsi dan Kabupaten dengan pihak perguruan tinggi, BUMN, BUMD, Swasta dan pengusaha maupun Sekolah Kejuruan untuk mengembangkan dan menerapkan TTG bagi sumber daya alam di Desa.

Diketahui, inovasi di Kabupaten Malinau melalui gelaran Teknologi Tepat Guna telah menorehkan banyak prestasi diantaranya, Juara 1 TTG inovasi tingkat provinsi tahun 2018 dengan alat pompa air gravitasi tanpa listrik, Juara 3 TTG inovasi tingkat provinsi tahun 2018 dengan alat mesin rumput 3in1, Juara 2 TTG inovasi tingkat provinsi tahun 2019 dengan alat sepeda pencabut bulu ayam dan Juara 2 TTG inovasi tingkat Nasional tahun 2018 dengan alat pompa air gravitasi tanpa listrik serta Juara 3 TTG inovasi tingkat provinsi tahun 2019 dengan alat mesin pencacah jerami.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut, kedepan dapat memotivasi masyarakat dan generasi muda untuk mampu menciptakan kreativitas dan ide-ide baru teknologi sederhana dalam memanfaatkan bahan-bahan disekitar, dan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.