Wujudkan Swasembada Pangan di Perbatasan, Danramil Terjun ke Sawah

MALINAU, SWARAKALTARA.COM –
Pujungan adalah salah satu Kecamatan di Kabupaten Malinau yang berada di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Keberadaan Koramil sebagai Komando kewilayahan, di samping melaksanakan tugas pokoknya menjaga keutuhan wilayah NKRI juga mempunyai berbagai tugas tambahan. Salah satunya melakukan pendampingan pertanian di wilayah teritorialnya.

Seperti yang di lakukan oleh Komandan Koramil (Danramil) 0910-04/Pujungan Mayor Inf M. Sutiono yang terjun langsung ke sawah untuk membantu ibu Serenah, seorang petani untuk memanen padi di lahan seluas 1/2 hektar di Desa Long Pujungan, Kecamatan Pujungan, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, (10/3).

“Kami sebagai aparat teritorial yang berada di perbatasan, harus mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan swasembada pangan,” ucap Danramil.

Dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh pihak Koramil 0910-04/Pujungan, mulai dari tahap pembukaan lahan, penanaman, perawatan sampai dengan masa panen, diharapkan hasilnya akan lebih meningkat. Sehingga dapat mensejahterakan masyarakat khususnya para petani di daerah perbatasan tersebut.

“Membantu petani merupakan aksi nyata pendampingan terhadap petani dan membantu pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah perbatasan,” tutur Danramil.

Mayor M. Sutiono menambahkan, aktivitas pendampingan tersebut juga dilakukan untuk mendukung percepatan masa tanam. Guna membantu petani mewujudkan ketahanan pangan di wilayah.

“Dengan pendampingan, tentu di harapkan agar hasil panen kedepan dapat lebih optimal, sehingga tidak harus mendatangkan beras dari luar wilayah,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *