3 PMI Deportan Positif Covid-19, Satgas Covid-19 Nunukan : Ini Penularan Impor

NUNUKAN, SWARAKALTARA.COM – Sebanyak 3 orang Pekerja Migrant Indonesia (PMI) dari Sabah Malaysia terkonfirmasi Positif Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nunukan Kalimantan Utara Aris Suyono mengatakan, ketiga orang tersebut merupakan PMI yang dideportasi pada 22 dan 23 April 2021 melalui pelabuhan Tunon Taka Nunukan.

‘’Ada 3 PMI Deportan yang terkonfirmasi Covid-19 dari hasil swab PCR yang kita terima hari ini. Ini penularan import karena mereka adalah pelaku perjalanan dari luar negeri,’’ujarnya, Senin (26/4/2021).

Sebegaimana diketahui, setiap kedatangan deportan dari Malaysia, Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tunon Taka akan langsung melakukan swab PCR dan membawa para deportan menuju Rusunawa untuk karantina mandiri selama 5 hari.

Mereka akan diperiksa oleh tenaga medis dan sampel swab dikirim ke RSUD Tarakan atau ke Balai Besar Laboratorium dan Kesehatan (BBLK) Surabaya.

Butuh waktu minimal 3 hari untuk menerima hasil lab dari sample swab yang diambil.

‘’Hasil sample swab kita terima hari ini, ada 3 yang terkonfirmasi positif covid-19 dan semua berjenis kelamin laki laki,’’imbuhnya.

Satgas Covid-19 langsung melakukan tindakan pemisahan para pasien dengan kontak erat.

Mereka yang sekamar dengan para pasien covid-19, dipisahkan, lalu masing masing ditempatkan di kamar berbeda.
Satgas juga melakukan tracing kepada semua deportan sekaligus memberikan pengawasan serta tindakan medis sebagaimana protocol kesehatan yang berlaku.

‘’Saat ini kita mulai melakukan tes antigen, kita juga perpanjang masa karantina. Seharusnya 27 April besok, mereka sudah selesai karantina mandiri dan boleh pulang. Tapi karena ada kejadian seperti ini, masa karantina kita perpanjang sampai awal Mei 2021,’’katanya.

Data infografis Satgas Covid-19 Nunukan per 26 April 2021, mencatatkan kasus konfirmasi sebanyak 1364 kasus, sebanyak 1255 pasien dinyatakan sembuh dan sebanyak 25 pasien meninggal.

Reporter : Viq

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *