Bupati dan Wakil Bupati Malinau Resmi Dilantik, Ini Pesan dan Kesan Wagub Kaltara

BULUNGAN, SWARAKALTARA.COM – Pelantikkan Wempi W Mawa dan Jakaria sebagai Bupati-Wakil Bupati terpilih Kabupaten Malinau, yang di gelar di Ibukota Provinsi Kalimantan Utara itu juga turut di hadiri Wagub Kaltara, Yansen Tipa Padan.

Yansen Tipa Padan merupakan mantan Bupati Malinau, yang pernah menjabat 2 periode lamanya untuk membangun Kabupaten Malinau.

Dalam kesempatannya, ia pun sedikit menyampaikan pesan dan kesannya usai mendampingi Gubernur Zainal saat melantik pasangan Wempi -Jakaria di Aula Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara, Senin (26/4/2021).

“Yang pertama untuk menjadi seorang pemimpin itu harus paham dan mengerti betul bagaimana menjalankan roda pemerintahan,” ujar Yansen saat di wawancarai awak media.

Yansen TP juga menyampaikan bahwa ia sangat bersyukur, Bupati Wempi dan Wakil Bupati Jakaria dapat melanjutkan tugasnya dulu sebagai pemimpin di Malinau saat ini.

Yansen juga berpesan semua yang telah dikerjakan secara baik di Malinau, dapat di bagikan ke daerah yang lain.

“Karna untuk membangun atau menjadi seorang pemimpin, kita itu juga butuh model. Membangun itu tidak serta merta gagasan yang mentah, tapi harus ada model untuk memberikan keyakinan bahwa itu baik dan bisa dikerjakan,” ujar pria yang gemar menulis buku tersebut.

Untuk Bupati dan Wakil Bupati yang baru di lantik, ucap Yansen, karna pembangunan itu sifatnya berkelanjutan dan tidak pernah berhenti maka itu harus diselesaikan.

Menurut Yansen, pembangunan berkelanjutan itu memang harus mengacu dengan kebijakan pemerintahan sebelumnya. Dia menganalogikan keberlanjutan pembangunan itu seperti menanam tanaman buah. Ketika tanaman itu bertumbuh subur dan menghasilkan banyak buah, jadi tinggal bagaimana merawatnya agar tetap berkembang dan berguna kedepannya.

“Jadi kurang lebih seperti itu prinsipnya. Pergantian pemimpin itu lumrah, jujur saya bersyukur kepemimpinan di Kabupaten Malinau ada yang meneruskan, sekarang tinggal bagaimana hal-hal seperti kebijakan yang baik dapat dilanjutkan-ditingkatkan serta yang tidak baik dapat di ubah agar berguna bagi masyarakat,” tuturnya.

Yansen TP juga memberikan kesan bahwa Bupati Wempi dan Wakil Bupati Jakaria dapat memimpin Malinau, terlebih dia yakin ketika menjabat sebagai Bupati Malinau saat itu, pasangan dengan sebutan WIRA tersebut telah sangat paham terkait bagaimana semangat pembangunan di Kabupaten Malinau.

“Kita lihat saja dari visi-misi dan program kerjanya, pasti tidak jauh dari kebijakan sebelumnya. Karna itu memang untuk meningkatkan dan melanjutkan pembangunan serta menciptakan kemandirian di Kabupaten Malinau,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *