Desa Malinau Kota Mulai Salurkan BLT Dana Desa, Setiap KPM Terima Insentif Rp300 Ribu

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), anggaran dana desa dialihkan menjadi BLT dana desa sebagai upaya perlindungan sosial. Pemerintah pun akan memperpanjang masa pemberian bantuan hingga Desember 2021 lantaran belum pastinya akhir dari pandemi corona.

Dalam hal ini, Pemerintah Desa Malinau Kota kembali salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk 573 KK. Kegiatan penyaluran berlangsung di Kantor Desa Malinau Kota, Selasa (20/4/2021) kemarin.

Plt. Kepala Desa Malinau Kota, Sopian mengatakan, untuk proses penyaluran kita gunakan sistem antrian dimulai dari warga RT 1 sampai warga RT 5. Untuk jumlah KPM keseluruhannya ialah 573 KK, itu total 20 RT di Desa Malinau Kota.

“Untuk nominalnya, setiap penerima mendapatkan Rp300 ribu per KK. Proses pencairan dan pembagiannya berbeda dengan tahun lalu, yang boleh di rapel. Untuk sekarang, jika cairnya di bulan April maka kita salurkan di bulan itu juga, karna kita mengacu dengan aturan dan petunjuk teknis yang ada,” ujarnya, Rabu (21/4).

BLT ini merupakan bantuan sosial yang menggunakan anggaran Dana Desa, dan masuk pencairan tahap 1 di tahun 2021.

“Ditahun ini sesuai intruksi Kemendes, pencairannya itu per Bulan dan selama setahun. Anggaran yang digelontorkan pembagian BLT ini sekitar Rp2 Milyar lebih bagi 573 KK untuk 1 tahun,” urainya.

Sopian juga menjelaskan terkait baru terlaksananya pembagian BLT DD tersebut. Menurutnya, terkendalanya penyaluran itu ada di Pemerintah Pusat. Namun, ia belum bisa pastikan faktor lambatnya penyaluran bantuan tersebut.

“Untuk masalah data-data penerima dari awal kita sudah siapakan. Terkait penyaluran mungkin itu terkendalanya di pusat. Yang jelas kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten, dan menunggu cairnya dana tersebut. Alhamdulillah, penyaluran BLT ini sudah bisa kita lakukan saat ini,” tuturnya.

Ia berharap, penyaluran bantuan ini kembali menjadi penyaluran tercepat kedua setelah Provinsi Aceh. “Semoga momentum ini juga dapat menjadi semangat kami (perangkat Desa Malinau Kota) untuk bekerja lebih baik lagi,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *