Jelang Ramadhan, Polres Malinau Gelar Operasi Keselamatan Kayan Selama 2 Minggu

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Kepolisian Resor Malinau menggelar Operasi Keselamatan Kayan tahun 2021, dalam rangka memberi rasa aman kepada masyarakat saat menjalankan aktivitas di Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

AKBP Agus Nugraha, Kapolres Malinau mengatakan, Operasi Kayan akan di gelar mulai Senin (12/4/2021) sampai dengan 25 April mendatang.

“Operasi ini bersifat preventif atau pencegahan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya di Bulan Puasa,” ujar Agus Nugraha, usai kegiatan Apel Gelar Pasukan, di Mapolres Malinau.

AKBP Agus Nugraha menuturkan, dalam pelaksanaannya akan dilakukan himbauan-himbauan terhadap masyarakat agar tidak melakukan tindakan melawan hukum.

“Kita juga akan sampaikan himbauan melalui media sosial dan spanduk, dan bila perlu kita akan sosialisasi dijalan raya. Artinya kita himbau untuk menjaga ketertiban dan disiplin patuhi protokol kesahatan,” tuturnya.

Jelang Ramadhan 2021, tambah Agus, artinya ada pola kegiatan masyarakat seperti Sahur on the road, ngabuburit, tarawih dan termasuk akan kita antisipasi kenakalan remaja seperti balapan liar di bulan Ramadhan.

“Intinya, Operasi Kayan tahun ini lebih kepada penertiban di lalu lintas,” jelasnya.

Untuk titik-titik dari Operasi Keselamatan yang harus di waspadai yakni, dijalur-jalur perbatasan seperti Malinau-Nunukan dan ruas jalan yang banyak mengalami kerusakan.

“Di jalur Sungai juga kita himbau masyarakat, agar selalu mengikuti SOP keselamatan di jalur transportasi air dan akan ada personel yang memonitor situasi dilapangan,” tandasnya.

Kapolres menyebutkan, sasaran Operasi Keselamatan Kayan, juga terkait dengan larangan mudik di tahun ini agar tidak timbul kluster baru dan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan Covid-19.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti, Dinas Perhubungan, Kodim 0910/Malinau, Satpol PP sekaligus pihak Bandara, dan pihak Pelabuhan agar aktivitas ibadah di bulan suci Ramadhan dapat aman serta kondusif.

“Potensi aktivitas masyarakat serta pergerakan orang dan barang pada saat bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran, tentunya menjadi hal yang perlu diantisipasi bersama didalam mencegah gangguan Kamtibas serta peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malinau,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *