Pembinaan Wawasan Kebangsaan, Kodim Malinau Ajak Milenial Tingkatkan Rasa Nasionalisme

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Dalam Upaya mewujudkan Bina Teritorial (Binter) yang adaptif dan lebih menyentuh seluruh elemen masyarakat, Kodim 0910/Malinau menggelar kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan, yang berlangsung di Aula Makodim 0910/Malinau, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, baik siswa-siswi tingkat SMA, tokoh masyarakat, FKPPI dan organisasi masyarakat lainnya dan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0910/Malinau, Mayor Tutur Suwantoro mengatakan, pentingnya penyelenggaraan pembinaan wawasan kebangsaan bagi setiap warga negara. Utamanya dalam membentuk karakter warga itu sendiri, terlebih untuk generasi muda atau kaum milenial. Agar semakin mencintai bangsa dan negara, dan memiliki sikap patriotisme serta jiwa bela negara.

“Semua yang kita libatkan, terdiri dari unsur TNI, tokoh masyarakat, penggerak organisasi, FKPPI, serta para pelajar. Diharapkan melalui kegiatan ini, para peserta dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dari narasumber tentang ilmu kebangsaan serta bela negara,” jelasnya.

Mayor Tutur Suwantoro menambahkan, wawasan kebangsaan merupakan hal yang penting ditanamkan ke masyarakat dan generasi muda indonesia. Agar sejak dini mereka dapat mengetahui, hal yang menjadi keunggulan dari bangsa kita sendiri.

“Masyarakat dan khususnya generasi muda harus mengetahui bahwa dinamika dan tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara sangat kompleks di era saat ini,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan, oleh Nelly Sa’adaniyah, Wali Kelas 12 IPA SMAN 4 Malinau, sebagai tenaga pendidik kami tahu betul bahwa Malinau ini sebagai garda terdepan dengan daerah perbatasan Malaysia, saya betul-betul mendukung sekali kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan ini.

“Jadi dari pembinaan wawasan ini, khususnya para pelajar dapat tumbuh jiwa patriotismenya dan cinta tanah air. Dengan wawasan ini anak-anak juga dapat paham, walaupun berbeda suku maupun agama tapi kita tetap saudara,” ujarnya.

Untuk di Sekolah kami, tambahnya, salah satu cara untuk menanamkan sedini mungkin jiwa patriotisme para siswa di SMAN 4 Malinau, kami wajibkan para siswa menyanyikan lagu-lagu wajib nasional dan daerah.

“Melalui cara itu, impian kami para siswa dapat juga mencintai negara dan daerah nya sendiri khususnya Malinau,” tuturnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *