Persiapan Pemilihan Ketua RT Serentak Desa Malinau Kota Terus di Matangkan

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) di Desa Malinau Kota, Kabupaten Malinau tinggal hitungan hari. Untuk itu, panitia Pemilihan tengah mematangkan semua persiapan. Salah satunya ialah, mengadakan bimbingan teknis kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Kegiatan bimbingan teknis digelar di Sekretariat Panitia Pemilihan Ketua RT, di Gedung Baya Intamu, Desa Malinau Kota.

“Saat ini bimbingan teknis untuk KPPS sedang digelar, dan berlangsung selama 2 malam,” ujar Ketua Panitia Pemilihan RT serentak, Muhammad Yusuf.

Saat ditemui Swarakaltara.com, Muhammad Yusuf juga membeberkan beberapa tahapan yang tengah Timnya matangkan jelang hari H pemungutan suara.

Yusuf menjelaskan, pihaknya tengah mempersiapkan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), lalu penetapan Tempat Pemungutan suara (TPS), serta pencetakan surat suara dan menyiapkan sarana protokol kesehatan.

Terkait penyaluran logistik, Yusuf menyebutkan panitia pemilihan di tingkat Desa yang akan segera menyalurkannya ke TPS sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

“Artinya di tanggal 2 Mei dipastikan semua logistik akan segera tersalurkan,” ujarnya kepada Swarakaltara.com, Jum’at (30/4/2021).

Ia menambahkan, panitia pemilihan saat ini belum menemukan kendala yang berarti, artinya semua persiapan masih sesuai dengan rencana.

“Seperti proses pencetakan surat suara progresnya sudah 95%. Kemudian penyiapan sarana protokol kesehatan juga sudah lengkap. Hanya tinggal penyalurannya saja ke semua TPS,” ujarnya.

Diketahui, wilayah yang akan mengadakan pemilihan Ketua RT serentak di Desa Malinau Kota, yakni berjumlah 15 RT diantaranya RT 1, 2, 3, 4, 7, 10, 11, 12, 13, 14, 16, 17, 18, 19, 20.

“Untuk tempat pemungutan suara (TPS), akan kita siapkan sebanyak 21 TPS. Karna disebagian wilayah seperti di RT 20 jumlah pemilihnya cukup banyak,” jelasnya.

Untuk langkah sosialiasi agar semua masyarakat di Desa Malinau Kota dapat lebih paham terkait pelaksanaan pemilihan ketua RT ini, pihak panitia dipastikan akan lebih aktif menyampaikan pengumuman secara beruntun.

“Kita akan sampaikan melalui pengumuman keliling dan di tempat-tempat ibadah maupun di tempat publik lainnya, agar masyarakat lebih berpartisipasi dalam memberikan hak suaranya,” tutur Yusuf.

Ketua Panitia juga meminta kepada seluruh penyelenggara yakni, panitia KPPS, semua calon RT maupun masyarakat agar tetap berpartisipasi aktif dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilihan RT serentak ini.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *