Pilkades Malinau 2021, Visi-Misi Calon Kades Harus Sejalan Dengan Program Daerah dan Mampu Meningkatkan SDM Desa

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Plh. Bupati Malinau, Ernes Silvanus mengatakan semua visi-misi dan program kerja calon kepala desa (Cakades) harus sejalan dengan program pemerintah daerah dan harus mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Desa.

Hal itu di sampaikan usai menyaksikan secara langsung pemaparan visi-misi dan program kerja Cakades Tanjung Lapang pada Pilkades serentak 2021 di Sekretariat Balai Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat.

“Kita berharap dengan momentum ini seluruh visi-misi dan arah kebijakan Pemerintah Desa harus sejalan dengan program daerah dan Kades harus siap mewujudkan semua program kerja yang dipaparkan,” ucap Ernes Silvanus, Jum’at (23/4/2021).

Menurut Ernes semua calon Kades juga harus menyiapkan hal-hal yang tidak terukur oleh Pemerintah Desa. Mengingat, situasi keuangan Nasional maupun di daerah saat ini masih belum bisa diprediksi.

“Misalnya terkait dengan anggaran, terkadang ada anggaran yang tiba-tiba bisa saja kita dapat menurun atau meningkat,” ujarnya.

Figur Kepala Desa yang ideal saat ini, ialah yang mampu mensiasati hal-hal yang tidak terduga itu kedepan. Terkait bagaimana Desa itu mampu membiayai dirinya sendiri.

“Dengan kata lain, Kades harus mampu meningkatkan SDM di Desa maupun membuat aturan-aturan yang mendukung Desa itu sendiri,” ujarnya

Kemudian, jelas Ernes, Kades juga harus mampu membangun kekuatan di Desa, yang nantinya dapat menjalankan serta menghasilkan pendapatan bagi Desa.

Sebagai pejabat publik, Ernes Silvanus juga mengapresiasi kinerja panitia Pilkades maupun calon Kades dan Camat Malinau Barat karna telah menyiapkan acara ini.

“Dari giat pemaparan visi-misi ini, kita telah dapat melihat kualitas seorang pemimpin di Desa dan bagaimana membawa daerah itu kedepan,” ujarnya.

Tahapan pemaparan visi-misi ini merupakan gambaran dari semua calon Kepala Desa, yang nantinya akan memimpin Desa Tanjung Lapang.

“Kita berharap semua tahapan Pilkades di Desa Tanjung Lapang ini akan berjalan aman, tertib dan kondusif,” harapnya.

Ia meminta untuk siapapun yang akan terpilih nanti, semua pihak harus saling dukung.

“Saat memillih nanti, semoga semua masyarakat Desa Tanjung Lapang dapat menentukan pemimpin Desa dengan hati nuraninya, agar dapat lebih baik kedepannya,” imbuhnya.

Ernes Silvanus juga memuji dari masing-masing 5 calon Kades yang memiliki visi-misi dan gaya kepemimpinan yang sama-sama ingin memajukan Desa.

“Intinya dari pemaparan ini, kita sama-sama ingin semua calon Kades juga dapat belajar untuk memahami semua kewenangan dan kewajibannya saat memimpin Desa,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.