Plh Bupati : Kita Sangat Apresiasi Untuk Pelaksanaan Debat Kandidat Pilkades Serentak 2021 Desa Malinau Kota

Plh Bupati : Kita Sangat Apresiasi Untuk Pelaksanaan Debat Kandidat Pilkades Serentak 2021 Desa Malinau Kota

MALINAU, SWARAKALTARA.COM – Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau sangat diapresiasi serius oleh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Malinau, Ernes Silvanus mengatakan, kita sangat mengapresiasi baik itu untuk panitia Pilkades, pihak Desa, pihak Kecamatan maupun Dinas yang terkait.

“Karna mereka telah mampu menyelenggarakan tahapan debat kandidat ini. Dari tahapan ini, yang penting ialah edukasi kepada masyarakat, terkait bagaimana menjalankan suatu sistem pemerintahan dengan baik dan benar,” tuturnya.

Ia juga menanggapi usai menyaksikan secara langsung berjalannya debat kandidat, yang digelar di gedung BPU Baya Intamu beberapa waktu lalu, menurutnya itu semua masih dalam tahap pembelajaran untuk kita semua, dalam membangun kemampuan dari para calon Kepala Desa.

“Paling tidak Kepala Desa kedepan, harus mampu dan bisa membawa Desanya menjadi lebih baik,” ujarnya.

Kemudian, tambah Ernes, semua para calon Kades harus dapat mempertanggung-jawabkan visi-misi dan program kerjanya. Lalu, para Kades harus mampu bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Kecamatan maupun Pemerintahan di Desa.

“Semoga dengan edukasi debat calon kandidat ini, masyarakat Desa Malinau Kota mendapatkan pemimpin yang baik dan bisa membawa Malinau Kota lebih baik kedepannya,” imbuhnya.

Ernes Silvanus juga menyebutkan, kebetulan ada beberapa Desa yang melaksanakan Pilkades, dan kita tidak memaksa untuk panitia di masing-masing Pilkades untuk membuat acara debat, karna tidak ada aturannya.

“Tapi kita memberikan ruang yang cukup, bagi para calon Kepala Desa untuk melakukannya atau tidak. Lebih terpenting ialah bagaimana memberikan edukasi politik kepada masyarakat kita kedepannya,” jelasnya.

Terakhir, Plh. Bupati Ernes Silvanus berharap dari debat kandidat Pilkades ini dapat dijadikan pembelajaran untuk melihat efektivitas nya dalam menentukan seorang pemimpin di Desa.

“Jika kita lihat lebih efektif untuk membangun karakter seorang pemimpin pada tingkatannya, pasti akan kita lakukan. Agar mendapatkan kepercayaan dan pemimpin yang bermutu serta berkualitas,” pungkasnya.

Reporter : Abdul Gani

swarakaltara

swarakaltara.com portal media online kaltara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.